Sukses

Google Play Games for PC Kini Hadir dalam Versi Open Beta untuk PC Windows

Google mengumumkan kehadiran Google Play Games for PC dalam versi open beta yang bisa diakses melalui Google Play Store.

Liputan6.com, Jakarta - Google resmi merilis open beta untuk layanan Google Play Games for PC. Sesuai namanya, layanan ini memungkinkan pengguna memainkan game Android di perangkat yang menjalankan Windows 10 atau Windows 11.

Informasi mengenai versi beta dari Google Play Games for PC dapat diketahui dari landing page yang ada di Google Play Store. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Minggu (19/2/2023), pengguna kini bisa bisa melihat laman khusus Google Play Games di bagian atas Play Store.

Untuk mengakses layanan, pengguna tinggal mengklik laman tersebut. Setelahnya, pengguna tinggal mengonfirmasi akun Google yang ingin digunakan termasuk perangkat Windows-nya.

Dari situ, pengguna akan diarahkan ke situs utama Google Play Games for PC. Di sana, pengguna tinggal mengunduh aplikasi ini dalam versi beta dan memasangnya di perangkat.

"Rasakan game mobile pilihan dengan versi yang lebih besar dan berani di platform gaming Google untuk PC," tulis Google dalam situs tersebut. Menurut Google, ada lebih dari 100 judul game yang siap dimainkan di PC Windows di seluruh wilayah yang mendapatkan akses beta layanan ini.

Beberapa judul yang dipastikan hadir adalah Blade Idle, Botworld Adventure, Last Shelter: Survival, Cookie Run: Kingdom, Day R Survival: Last Survivor, hingga Mobile Legends: Bang Bang. Google juga selalu menambahkan game baru secara teratur di layanan ini.

Untuk mulai memainkan game Android yang tersedia pada layanan ini, pengguna tinggal mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Cara Main Game Android di PC Windows

  • Cek Spesifikasi rekomendasi dan minimum PC untuk Google Play Games for PC
  • Download Google Play Games
  • Login di Google Play Games
  • Main Game Android di PC atau Laptop Windows 11

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Rekomendasi dan Minimum PC

Sebelum memasang Google Play Games PC, pastikan perangkat kamu sudah memenuhi syarat minimum spesifikasi yang dibutuhkan.

  • Windows 10 (v2004)
  • Solid State Drive (SSD) dengan ruang penyimpanan kosong 10 GB
  • GPU Intel UHD Graphics 630 atau yang sebanding CPU dengan 4 core fisik
  • RAM 8 GB
  • Akun admin Windows
  • Virtualisasi hardware harus diaktifkan
3 dari 4 halaman

Masih Versi Beta

Mengingat masih berada dalam versi beta, Google mengaku akan berupaya untuk bisa menghadirkan akses bermain game Android di perangkat Windows ini dalam versi penuh.

Untuk itu, Google akan menambahkan fitur baru sekaligus melakukan evaluasi berdasarkan masukan dari developer maupun pemain.

Google Play Games PC sendiri pertama kali meluncur di Australia, Hong Kong, Korea Selatan, dan Taiwan.

Cakupan platform ini lalu diperluas ke beberapa negara. Selain di Indonesia, layanan ini dapat diakses di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Brasil, Filipina, Malaysia, dan Singapura.

Karena menggunakan akun Google, gamer dapat mensinkronisasi gim yang sedang dimainkan ke perangkat pendukung lainnya.  

4 dari 4 halaman

Main Game Android di PC

Sesuai namanya, layanan ini memungkinkan pengguna memainkan game Android melalui laptop, PC, atau tablet dengan sistem operasi Windows.

"Tujuan utama kami adalah menjangkau para pemain game di mana pun mereka berada dan memberi mereka akses ke berbagai macam game di sebanyak mungkin perangkat," tulis Google dalam keterangan resminya.

Selain memperluas cakupannya, Google juga menambah daftar koleksi game yang bisa dimainkan.

Google juga menuturkan telah membuat langkah signifikan agar layanan ini bisa menjangkau lebih banyak pemain. Hal itu dilakukan dengan mengurangi persyaratan spesifikasi minimum PC yang bisa mengkases layanan Google Play Games.

"Kami senang dapat memperluas platform kami ke lebih banyak pasar, sehingga para pemain dapat menikmati game favorit mereka di Google Play," tulis perusahaan.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.