Sukses

Kejuaraan Dunia Esports ke-14 di Bali Resmi Ditutup, Indonesia Juara Umum

Indonesia Esports Summit (IES) dan IESF 2022 secara resmi ditutup pada Minggu (11/12/2022), dan dinilai sukses dalam penyelenggaraannya

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia berhasil meraih gelar juara umum dalam kejuaraan esports IESF 14th World Esports Championship 2022 yang digelar di Bali.

Indonesia Esports Summit (IES) dan IESF 2022 juga secara resmi ditutup pada Minggu (11/12/2022), dan dinilai sukses dalam penyelenggaraannya.

Indonesia meraih tiga emas dari nomor gim Dota 2, eFootball, dan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Selain itu, disumbangkan juga satu medali perunggu dari Timnas Counter Strike: Global Offensive (CS:GO).

Gelaran Indonesia Esports Summit 2022 merupakan event yang diinisiasi langsung oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI). Seluruh dunia juga diklaim mengakui event tersebut sangat sukses diselenggarakan.

Ketua Harian PB Esport Indonesia, Komjen Pol Bambang Sunarwibowo dalam sambutannya saat penutupan, menyatakan apresiasinya terhadap IES maupun IESF Bali 14Th WEC.

"Standar baru menjadi 'showcase' wajah esports dunia sesungguhnya telah terselenggara dengan aman, lancar dan sukses, serta telah menjadi sarana pengembangan dan pemberdayaan bagi seluruh sektor," ujarnya.

Bambang Sunarwibowo menambahkan, pelaksanaan IESF dan kejuaraan esports di Bali, merupakan sarana pengembangan seluruh sektor seperti pendidikan, industri kreatif, pariwisata, entertainment, hingga fintech.

Antusiasme publik terhadap gelaran IES juga dianggap cukup tinggi, dengan peserta yang mengikuti event ini mencapai lebih dari 600 atlet dari sekitar 105 negara.

Pemerintah Indonesia melalui PB ESI mengusung misi untuk membangun persatuan dunia dan semangat saling menghormati. Bambang pun berharap agar masyarakat dunia dapat saling berkolaborasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prestasi yang Inspirasional

"Melalui esports, mari kita junjung tinggi nilai-nilai persaudaraan dunia, sportmanship, dan dengan tegas mari kita perangi diskriminasi, serta tindakan-tindakan berlawanan dengan sportivitas," kata Bambang.

Bambang pun juga menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan IES. Dia juga berharap agar perjalanan esports semakin berkembang dan berkelanjutan.

Sekretaris Jenderal PB ESI, Frengky Ong, juga mengaku bangga atas capaian para atlet esports dari Tanah Air. Pihaknya menilai, kesuksesan tersebut diraih berkat kerja keras semua pihak.

"Prestasi Timnas Indonesia tidak saja membanggakan, namun juga sangat inspirasional!" kata Frengky.

"Kemenangan ini diraih berkat kerja sama seluruh atlet tergabung dengan Timnas Indonesia dengan PB ESI dan para pelatih serta pihak-pihak yang turut memberikan dukungan," pungkasnya dalam keterangan tertulis.

3 dari 4 halaman

Timnas MLBB RI Juara World Esports Championship 2022

Sebelumnya, Timnas Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) Indonesia keluar menjadi juara World Esports Championship (WEC) 2022 untuk kategori game MLBB.

Bertanding melawan Filipina, Branz, Saykots, Hijumee, Tazz, dan Dreams tampil percaya diri setelah menumbangkan tim asal Negeri Gajah Putih tersebut. Filipina dan Indonesia sudah bertemu sebelumnya di babak knockout upper bracket pada 4 Desember 2022.

Kala itu, Branz dkk berhasil menumbangkan Filipina dengan skor 2-0 tanpa balas. Kini, timnas Merah Putih kembali menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Dalam laga dengan format best of 5 (Bo5), timnas MLBB mampu mempecundangi Filipina dengan skor 3-0 tanpa balas. Sejak babak pertama, para pemain Indonesia mampu menaklukkan Dapadap, Soriano, Del Rosario, Villaluna, dan Imam dari Filipina.

Di babak kedua, tempo permainan berlangsung sedikit lebih lambat dimana Filipina dan Indonesia berusaha membaca strategi yang digunakan oleh lawan.

Baik dari segi gold network dan jumlah kill, kedua memang terlihat seimbang. Pertarungan berubah sengit ketika team fight berlangsung untuk memperebutkan lord, dimana Branz dkk berhasil menumbangkan 3 pemain lawan.

Sementara itu, Dapadap dkk mampu memulangkan 2 pemain Indonesia. Tim Merah Putih terus-menerus memberikan tekanan ke Filipina dengan menginvasi area jungle mereka.

 

4 dari 4 halaman

Berjalan Panas

Walau tertekan, Filipina mampu membuat kejutan dengan men-counter serangan pemain Indonesia dan menekan ke arah base.

Akan tetapi, Dreams dkk pun mampu memutar keadaan dan berbalik meruntuhkan base tim Filipina sekaligus memenangkan babak kedua di kompetisi WEC 2022.

Babak ketiga pertarungan Filipina vs Indonesia untuk perebutan juara World Esports Championship 2022 ini menjadi duel epik kedua tim. Sama-sama seimbang, kedua tim saling membalas serangan dan berusaha untuk menumbangkan lawan dengan segera.

Walau tempo permainan berlangsung lambat, kedua tim baru "panas" usai Filipina mampu mengendalikan jalannya permainan. Dapadap dkk pun semakin konsisten dengan berjalannya waktu, dan terlihat jauh lebih unggul ketimbang Indonesia.

Meski begitu, Saykots dkk mampu comeback dan menahan gempuran para pemain Filipina sehingga pertandingan pun berjalan alot hingga late game.

Pada menit ke-28, kesabaran dan kekompakan para pemain Indonesia berbuah manis dengan menumbangkan pemain dari Filipina satu persatu. Alhasil, timnas MBB Indonesia berhasil menjuarai World Esports Championship ke-14 2022 di Bali ini.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.