Sukses

Cara Setting Audio di HP Android untuk Jaga Kesehatan Telinga

Liputan6.com, Jakarta - Kamu mungkin akan mengatur volume tinggi jika menggunakan smartphone di lingkungan yang bising. Kebiasaan itu sebenarnya tidak baik untuk kesehatan telinga karena suara keras dapat merusak pendengaran secara permanen.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kerusakan pendengaran telinga mungkin terjadi setelah dua jam terpapar kebisingan 80-85 desibel, setara dengan suara mesin pemotong rumput.

Sementara kebisingan dengan tingkat 95 desibel (seperti sepeda motor), kemungkinan akan merusak pendengaran setelah 50 menit paparan. Demikian sebegaimana dilansir The Sun, Selasa (29/11/2022).

Jadi, mengurangi volume maksimum HP Android bisa menjadi cara yang baik untuk menjaga kesehatan telinga kamu.

Nah, berikut cara mengatur volume maksimum di ponsel Android

  • Buka kunci HP Android dan kemudian masuk ke Pengaturan
  • Pilih Suara dan Getaran, lalu cari Volume
  • Selanjutnya ketuk tiga titik di pojok kanan atas dan pilih Media Volume Limit
  • Opsi ini memungkinkan kamu menyesuaikan volume maksimum untuk media dengan menggeser slider ke kanan atau sampai tombol berubah menjadi warna biru

Kamu juga bisa mengunci setelan ini menggunakan PIN sehingga tidak ada orang lain yang dapat mengubahnya.

Perlu dicatat, pengaturan volume mungkin akan berbeda pada masing-masing perangkat, tergantung pada model ponsel Android kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Izin Akses Aplikasi di HP Android Berbahaya, Begini Cara Mengatasinya

Semakin banyak aplikasi di HP Android, tentu privasi kamu kian terancam dan ini sangat berbahaya. Cara mudah untuk meningkatkan keamanan data pribadi kamu adalah dengan memeriksa izin akses aplikasi yang telah kamu berikan.

Izin (permissions) memungkinkan aplikasi mengakses berbagai aspek di ponsel Android kamu. Antara lain seperti akses izin kamera, mikrofon, lokasi, atau foto pribadi.

Tentu saja, banyak aplikasi membutuhkan izin tertentu untuk berfungsi. Misalnya, WhatsApp membutuhkan akses mikrofon untuk mengizinkan voice note.

Lalu Instagram akan membutuhkan izin akses aplikasi ke kamera atau kamu tidak akan dapat mengambil Stories di aplikasi.

Perlu diwaspadai, kamu harus sangat 'curiga' jika sebuah aplikasi tertentu meminta izin aneh yang tidak masuk akal.

Pertimbangkan untuk menolak beberapa izin akses pada aplikasi yang sudah lama kamu miliki tetapi jarang digunakan.

Beberapa aplikasi mungkin menggunakan data kamu untuk tujuan jahat sehingga berujung bahaya. Namun untungnya, kamu dapat menolak izin aplikasi tersebut dengan mudah, mengunci info beserta media pribadi kamu dari aplikasi jahat.

3 dari 4 halaman

Cara Memeriksa Izin Aplikasi Android

Kamu dapat memeriksa izin aplikasi Android dan kamu harus terbiasa melakukannya. Berikut beberapa langkah sederhana yang perlu kamu lakukan.

1. Buka Pengaturan

2. Ketuk Aplikasi

3. Pilih aplikasi yang ingin Anda ubah (Anda mungkin perlu menekan Lihat Semua Aplikasi)

4. Ketuk Izin

5. Ubah izin menggunakan Izinkan atau Jangan Izinkan

Anda mungkin dapat memilih detail tambahan untuk izin tertentu seperti lokasi, kamera, dan mikrofon.

Itu dapat mencakup akses hanya saat menggunakan aplikasi, "bertanya setiap saat", dan tidak mengizinkan. Kamu juga bisa mengubah izin berdasarkan jenisnya, seperti akses foto.

Cara cukup buka Settings > Privacy > Permission Manager, lalu pilih jenisnya dan kemudian ubah izin apa pun dari opsi itu.

4 dari 4 halaman

Infografis Protes Pengeras Suara Azan Berujung Bui. (Liputan6.com/Triyasni)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS