Sukses

Skor Benchmark Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2, Berapa?

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm sudah memperkenalkan chipset terbarunya, Snapdragon 8 Gen 2, di Hawaii, Amerika Serikat, pada 16 November 2022.

Tampil sebagai chipset HP Android premium teranyar, Qualcomm menjanjikan performa yang ditingkatkan dan sejumlah fitur baru.

Adapun sejumlah fitur baru yang dihadirkan di Snapdragon 8 Gen 2, adalah teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) di chipset.

Kini, seluruh ponsel dengan chipset baru Qualcomm ini juga akan mendukung kemampuan sensor kamera 200MP, audio spasial hingga ray tracing saat bermain gim.

Dengan berbagai peningkatan dan fitur baru ini, berapa skor benchmarks Snapdragon 8 Gen 2?

Tim Tekno Liputan6.com pun berkesempatan memegang secara langsung ponsel dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 saat mengikuti ajang Snapdragon Summit 2022 di Hawaii.

Informasi, perangkat yang digunakan untuk benchmark merupakan HP Android khusus yang dibuat untuk pengujian chipset baru milik Qualcomm ini.

Tidak terkait dengan mereka apa pun, dan ada kemungkinan hasil skor berikut ini akan memiliki perbedaan sedikit ketika sudah diluncurkan oleh vendor di pasaran nanti.

Dalam pengujian benchmark ini, kami menggunakan aplikasi benchmark yang umum ditemukan dan sering menjadi acuan pengguna Android.

Aplikasi benchmark tersebut, antara lain AnTuTu, Geekbench, PCMark, dan 3D Mark. Lalu berapa skor masing-masing?

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

AnTuTu

<p>Skor benchmark AnTuTu Snapdragon 8 Gen 2. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Berbekal aplikasi AnTuTu, kami mendapati skor yang didapat sekitara 1,27 juta dalam tiga kali pengujian.

Di kategori CPU, chipset Snapdragon 8 Gen 2 ini mencatatkan skor 264 ribuan. Sedangkan untuk GPU-nya, mencapai 571 ribuan.

Geekbench

<p>Skor benchmark Geekbench Snapdragon 8 Gen 2. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Untuk Geekbench sendiri, hasil yang didapat memang agak sedikit mengejutkan. Di single core, Snapdragon hanya mendapatkan skor 1486.

Sedangkan di multi core dengan skor 5130. Hasil ini ternyata berada di bawah skor chipset Apple A16 Bionic di iPhone 14 Pro Max.

Dilansir MacRumors, chipset baru milik Apple ini mencatatkan skor 1874 untuk single core, dan 5372 untuk tes multi core.

 

3 dari 3 halaman

3DMark

<p>Skor benchmark pakai 3DMark Snapdragon 8 Gen 2. (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Berbekal aplikasi 3D Mark Wild Life Extreme Unlimited, kami mendapati Snapdragon 8 Gen 2 mencatatkan skor secara keseluruhan di angka 3732, dengan rata-rata frame rate (FPS) di 22,30.

Sedangkan untuk versi Wild Life Unlimited, chipset teranyar Qualcomm ini mencatatkan skor 13 ribuan dan frame rate 83.80.

PCMark

Menggunakan PCMark, hasil yang didapatkan dalam tiga kali percobaan berada dikisaran 18,5 ribu hingga 18,9 ribuan.

AITuTu

<p>Tampil dengan performa AI kelas atas, berapa skor benchmark AITuTu Snapdragon 8 Gen 2? (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Terakhir adalah menguji kemampuan AI di chipset menggunakan benchmark AITuTu, dimana Snapdragon 8 Gen 2 mencatatkan skor hingga 3,5 jutaan.

Perlu diingat, hasil benchmark ini ada kemungkinan akan berbeda ketika Snapdragon 8 Gen 2 mulai terpasang di deretan ponsel premium di pasaran nanti.

Hal ini karena beberapa OEM bisa saja melakukan penyesuaian terhadap desain, atau hardware yang akan terpasang di dalam ponsel.

Selain itu, sistem pendingin di masing-masing buatan vendor pun akan berbeda dan kurang lebih juga dapat mempengaruhi performa si Snapdragon 8 Gen 2 ini.

Nah bagaimana menurut kamu? Tertarik untuk beli HP Android dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 ini?

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.