Sukses

Unboxing dan Kesan Pertama Menjajal Oppo A77s

Berikut ini kesan pertama sekaligus unboxing Oppo A77s yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu

Liputan6.com, Jakarta Oppo kembali menghadirkan smartphone baru di Indonesia, di mana salah satu model yang paling anyar adalah Oppo A77s, yang sudah bisa dibeli di Tanah Air.

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk melakukan unboxing sekaligus merasakan bagaimana pengalaman menggunakan HP baru Oppo ini untuk pertama kalinya. Perangkat yang saya coba adalah varian Starry Black.

Untuk paket pembelian, kamu sudah akan bisa mendapatkan aksesoris standar jika membeli Oppo A77s. Ada Safety Guide dan kartu garansi, petunjuk penggunaan, SIM ejector, kabel data Type-c, dan kepala charger SuperVOOC 33W.

Desain ponselnya sendiri tipis dan ringan, mengingatkan saya akan HP Oppo Reno7 4G yang baru saja saya bahas beberapa waktu lalu, meskipun pengalaman dalam memegangnya agak berbeda.

Di sisi atas perangkat tidak ada lubang atau tombol apapun. Untuk speaker atas sendiri bisa ditemukan tepat di atas layar dan lubang kamera, di mana layarnya mengusung model tetesan air.

Di kanan layar terdapat Power Button yang juga bisa digunakan untuk mengakses Google Assistant. Dua tombol di kiri layar untuk volume, di mana tombol bawah dan power untuk screenshot dan tombol atas dan power untuk Restart atau Off.

Lalu di bagian bawah perangkat terdapat speaker, microphone, lubang untuk pengisi daya dengan kabel data type-c, serta audio jack 3,5mm.

Sementara di bodi belakangnya hanya ada dua kamera dengan bingkai kotak yang bertuliskan "50MP AI DUAL-CAM" ditambah flashlight.

Sejauh ini, pengalaman pemakaian singkat dari Oppo A77s untuk kebutuhan browsing atau nonton YouTube, menurut saya masih cukup nyaman dengan layar yang lapang.

Selain itu, kualitas suara dari dua speaker di HP Oppo yang satu ini terbilang oke, meski di beberapa kesempatan seperti memutar lagu dengan distorsi, jadi sedikit pecah di volume tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Oppo A77s

Oppo A77s dilengkapi dengan layar 6,56 inci dan sudah mendukung refresh rate 90Hz. Soal performa, ponsel baru Oppo ini menggunakan chipset Snapdragon 680 4G, RAM 4GB, dan memori 128GB yang dapat diekspansi hingga 1TB.

Smartphone ini juga mendukung fitur RAM Expansion hingga 8GB. Namun, fitur tersebut baru akan hadir lewat pembaruan software.

Oppo A77s menjalankan ColorOS 12.1 berbasis Android 12, dengan beberapa fitur untuk mendukung keamanannya, seperti Privasi Data Foto dan Dasbor Privasi.

Sebagai pendukung performanya, ada baterai berkapasitas 5.000mAh yang didukung fitur pengisi daya cepat 33W SuperVOOC. Berbekal teknologi itu, baterai HP Android ini bisa terisi hingga 50 persen dalam waktu kurang dari 30 menit.

Di sektor fotografi, Oppo membenamkan dua kamera belakang di smartphone ini yang terdiri dari lensa utama 50MP dan depth sensor 2MP. Sementara untuk kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 8MP.

Sebagai tambahan, HP Oppo A77s hadir dengan stereo speaker serta sudah mengantongi sertifikasi IPX4 dan IPX5.

3 dari 3 halaman

Suksesor Oppo A76

Menurut PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto A, smartphone ini merupakan suksesor Oppo A76 yang mendapat respons positif di Tanah Air.

"Oppo A76 menjadi seri yang mendapatkan respons yang baik di pasaran, karena itu kami menghadirkan perangkat ini menjadi suksesor A76," tutur Aryo dalam konferensi pers yang digelar di Oppo Gallery di Jakarta, Kamis (13/10/2022).

Lebih lanjut, Aryo menuturkan, smartphone ini sekaligus menjawab tingginya respons pasar terhadap Reno7 4G warna sunset orange. Karenanya, Oppo kini membawa desain smartphone tersebut ke Oppo A77s.

Aryo menyebut desain sunset orange di Oppo A77s ini sama persis dengan yang ada di Reno7 4G. Selain sunset orange, varian warna lain yang tersedia adalah starry black dengan desain Oppo Glow.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.