Sukses

Sasar Pemain Telco dan Digital Global, Telkom Perkuat Ekosistem Data Center

Telkom terus memperkuat sektor digitalisasinya untuk meningkatkan layanan kepada konsumen. Terbaru, melalui pengembangan Data Center Ecosystem bertaraf global di NeutraDC dan neuCentrIX.

Liputan6.com, Jakarta PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus memperkuat sektor digitalisasi untuk meningkatkan layanan kepada konsumen. Terbaru, melalui pengembangan Data Center Ecosystem (DC Ecosystem) dengan menghadirkan layanan mumpuni bertaraf global di NeutraDC dan neuCentrIX.

Data Center Ecosystem adalah layanan digital yang menyediakan akses koneksi langsung ke beberapa infrastruktur jaringan, penyedia cloud, dan ruang penyimpanan berskala besar. Bagi industri bisnis dengan tren pertumbuhan ekonomi digital, akses data center serta bandwidth internasional yang luas akan sangat penting untuk mendukung hampir semua komputasi, penyimpanan data, keamanan data, serta aplikasi jaringan dan bisnis untuk perusahaan.

Di samping itu, digitalisasi nasional menjadi salah satu faktor utama penggerak perekonomian yang dapat dimulai dari pembangunan industri digital lokal yang akan menjadi pengaktif digitalisasi berbagai industri vertikal.  

Dalam penyelenggaraan Bali Annual Telkom International Conference (BATIC) 2022 beberapa waktu lalu, TelkomGroup menyebutkan telah memiliki 28 data center yang terdiri dari 5 data center global dan 3 Enterprise Data Center (Sentul, Serpong, dan Surabaya) dengan klasifikasi tier 3 dan 4, serta 1 Hyperscale Data Center (Cikarang) dan 19 neuCentrIX yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. 

neuCentrIX mempunyai fasilitas penunjang berskala internasional, carrier neutral, dan multi layanan untuk jaringan provider lain yang dapat dimaksimalkan untuk pelaku usaha di berbagai sektor. Di antaranya sektor keuangan, manufaktur, dan penyedia layanan komputasi awan baik  domestik maupun asing. Sedangkan NeutraDC adalah perusahaan yang menjalankan bisnis data center hyperscale dengan standar global bersertifikasi Uptime Tier III & Tier IV untuk para global player.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Data Center Percepat Bisnis Pelanggan

Direktur Wholesale and International Service Telkom, Bogi Witjaksono menyampaikan bahwa ekosistem data center dapat memberikan manfaat yang sangat besar untuk mempercepat bisnis pelanggan.

"Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) adalah pusat data netral di mana banyak pemain global, ISP, dan pemain digital lainnya sudah berada di ekosistemnya," ujarnya. 

Data Center yang terhubung dengan jaringan broadband, layanan komprehensif, serta tersebar di banyak lokasi adalah langkah TelkomGroup dalam menciptakan ekosistem digital bertaraf global. Sehingga dapat membantu industri mengembangkan bisnis serta memastikan standar layanan konektivitas digital terbaik bagi pemain global maupun pemain domestik. 

Transformasi digitalisasi yang gencar dilakukan ini juga sebagai persiapan dalam mengakomodasi kebutuhan mendatang, seperti peluncuran jaringan 5G, teknologi edge blockchain, dan pertumbuhan industri ekonomi digital di masa depan lainnya. Selain itu, dengan adanya digital connectivity diharapkan dapat memperkuat transformasi digital gaya hidup, pemerintahan, dan perusahaan dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. 

“Peningkatan pesat ekonomi digital pasca-pandemi yang didorong oleh transformasi dan  transaksi digital menyebabkan permintaan besar untuk penyimpanan serta pemrosesan data  dengan latensi lebih rendah,” kata Andreuw Th.A.F. selaku Chief Executive Officer Telkom Data  Ekosistem (NeutraDC).

3 dari 3 halaman

NeutracDC Sediakan Infrastruktur Standar Global

NeutraDC sebagai enabler ekosistem digital, tambah Andreuw juga menyediakan infrastruktur DC standar global dengan konektivitas jaringan yang komprehensif guna memastikan kontinuitas dan skalabilitas bisnis dalam hyperscale dan perusahaan. Oleh karena itu, NeutraDC mengambil bagian dalam pengembangan ekosistem digital indonesia. Dengan pengembangan data center yang lebih baik tentunya dapat mendorong kemajuan di berbagai sektor. 

Sejak tahun 2015, Telkom telah tercatat sebagai perusahaan pertama yang mendapatkan sertifikasi bertaraf internasional atau Uptime Sertifikasi Tier 3 & Tier 4 dan Sertifikasi Tier Certification Operational Sustainability (Gold rating) satu-satunya di Indonesia. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini