Sukses

Oppo Bakal Bawa Desain Reno7 ke Oppo A77s

Oppo mengungkap desain Reno7 akan dibawa untuk pertama kalinya ke lini A melalui Oppo A77s.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo telah memastikan diri akan menghadirkan smartphone terbaru untuk pasar Indonesia, yakni Oppo A77s. Hadir sebagai perangkat baru untuk lini A, Oppo mengungkapkan akan membawa perubahan desain pada smartphone ini.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (3/10/2022), perubahan desain yang dimaksud adalah Oppo membawa desain lini Reno untuk pertama kalinya ke seri A melalui Oppo A77s. Adapun desain yang akan akan digunakan adalah fiberglass leather design.

"Fiberglass Leather Design yang tadinya hanya ada pada Oppo Reno7 dengan warna oranye lembut, tekstur kulit, ditambah tepian datar berwarna emas memberikan kesan cerah, segar sekaligus segar rupanya banyak diminati konsumen. Oleh sebab itu, desain serupa kami hadirkan pada Oppo A77s," tutur PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto A.

Lebih lanjut, Aryo menuturkan, kehadiran penampang belakang bertekstur kulit ini juga menjawab umpan balik konsumen yang menginginkan tekstur Oppo Reno7 untuk hadir pada perangkat seri A.

Perlu diketahui, fiberglass leather design merupakan teknik pembuatan penampang belakang smartphone yang dibuat dari serat kaca untuk menghadirkan beberapa lapisan back cover, termasuk tekstur kulit yang memberikan kesan unik sekaligus membuatnya tidak licin ketika digenggam.

Sementara tepian datar pada bingkai dibuat dengan mempertimbangkan faktor kenyamanan. Jadi, Oppo membuat tepian dengan kemiringan sudut yang terasa alami untuk menghindari kesan tajam apabila dipegang tanpa menggunakan casing.

Sementara perpaduan warna oranye Matahari sore ditempatkan pada serat kaca bertekstur kulit yang dipadukan dengan penampang datar berwarna emas. Dengan desain ini, tampilan HP Oppo terbaru ini pun diklaim lebih premium dan elegan.

Untuk di Indonesia sendiri, Oppo A77s disebut telah siap meluncur, karena sudah mengantongi sertifikasi Postel dan TKDN. Suksesor Oppo A76 ini disebut akan hadir dengan sejumlah teknologi dan fitur yang baru diterapkan pertama kali pada seri A.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

DxOMark: Performa Baterai Oppo Reno8 5G Terbaik ke-3 di Dunia

Di sisi lain, Tes baterai DxOMark mengungkapkan bahwa baterai Oppo Reno8 5G berada di posisi ketiga untuk peringkat global, dengan skor performa baterai mencapai 141.

"Oppo Reno8 5G memperoleh skor global yang sangat baik berkat kinerjanya yang sangat seimbang, menempatkannya di antara kinerja terbaik kami," tulis situs DxOMark dikutip Sabtu (1/10/2022).

Untuk pengujiannya, DxOMark menggunakan Oppo Reno8 5G dengan spesifikasi baterai 4500 mAh, charger 80W bawaan, layar 6,43 inci, 1080 x 2400, 90 Hz, OLED display, prosesor MediaTek Dimensity 1300 (6nm), dan ROM/RAM 25GB+8GB.

Situs ini mengatakan, pengisian daya 80W yang dibawa Oppo di Reno8 5G, memberikan kinerja pengisian yang sangat baik, di mana baterai 4500 mAh-nya dapat terisi dalam 33 menit 25 detik.

Dalam pengujiannya, perangkat ini mendapatkan skor 155 di kategori performa pengisian daya atau charging. Menurut DxOMark, selain cepat, pengisian daya juga efisien, sedangkan efisiensi adaptor daya rata-rata.

"Namun, konsumsi sisa pengisi daya saat perangkat terisi penuh dan masih dicolokkan ke pengisi daya lebih tinggi dari rata-rata, yang biasa terjadi pada adaptor daya sekuat ini," kata mereka.

Secara umum, Reno8 5G memiliki arus pelepasan rendah, di mana ini berarti perangkat dioptimalkan dengan baik.

"Dibandingkan dengan perangkat dalam kisaran harga yang sama, skor keseluruhan Oppo Reno8 5G sangat baik," DxOMark menambahkan.

"Skor otonomi, pengisian daya, dan efisiensi berada di atas rata-rata, meskipun subskor saat bepergian berada di bawah rata-rata," imbuh DxOMark dalam deskripsinya.  

3 dari 5 halaman

Spesifikasi Oppo Reno8 5G

Reno8 5G hadir dengan Streamlined Unibody Design, yang menghadirkan tekstur efek visuel gradien pada penampang belakang perangkat, yang tahan sidik jari dan memberikan estetika desain ponsel flagship.

Untuk bobot perangkat, Reno8 5G memiliki ketebalan sekitar 7,67 mm dan berat sekitar 179 gram.

Untuk layar, Oppo Reno8 5G membawa layar 6,4 inci AMOLED Display dengan refresh rate 90Hz. Fitur fotografi pun masih jadi salah satu fitur yang diandalkan oleh Oppo untuk kedua perangkat ini.

Untuk Oppo Reno8 5G, Oppo membawa Dual Sony Flagship Sensors, IMX709 RGBW generasi baru pada bagian kamera depan, dan sensor kamera utama IMX766 di perangkat ini.

Oppo juga menghadirkan fitur pencitraan yang ditingkatkan dan disempurnakan kecerdasan buatannya.

Misalnya, terdapat fitur Ultra Night Video dan Ultra HDR Video secara otomatis akan mendeteksi cahaya sekitar ketika mengambil gambar di malam hari atau di lingkungan rendah cahaya. 

Dengan kecerdasan buatan yang ditingkatkan, fitur di HP ini dapat meningkatkan kualitas gambar, ekspresi warna, mempertajam garis wajah, serta mencegah kehilangan detail pada subyek foto dalam siluet karena cahaya latar yang kuat. 

4 dari 5 halaman

Kamera di Reno8 5G

Fitur Night Portrait juga akan memberikan foto potret malam hari yang jernih, berkat berkat algoritma Turbo RAW yang ditingkatkan, pengurangan noise dapat dilakukan pada tiga lapisan warna R/G/B secara paralel dalam format RAW.

Konfigurasi kamera di Reno8 5G sendiri adalah kamera depan 32MP IMX709, sementara kamera belakang 50MP Main Camera, 8MP Wide Angle, dan 2MP Macro Camera.

Untuk jeroan, Oppo Reno8 5G mengusung MediaTek Dimensity 1300 5G SoC, dengan baterai berkapasitas 4500mAh yang mengadopsi teknologi 80W SuperVOOC.

Fitur-fitur lainnya adalah Battery Health Engine, sistem pendingin Liquide Super-Conductive Vapor Chamber (VC) yang ditingkatkan, dan sudah membawa ColorOS 12.1.

Untuk harga, Oppo Reno8 5G dipasarkan untuk konsumen Indonesia dengan harga Rp 7.999.000 untuk RAM dan penyimpanan 8GB + 256GB yang mendukung RAM Expansion. Perangkat ini hadir dalam dua warna yaitu Shimmer Gold dan Shimmer Black.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.