Sukses

iPhone SE Generasi Terbaru Bakal Punya Desain Mirip iPhone XR

Menurut bocoran terbaru, Apple akan menggunakan desain baru untuk iPhone SE generasi terbaru.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan akan mengubah desain iPhone SE yang dikenal masih sama hingga saat ini. Informasi ini diungkapkan oleh salah seorang pembocor Jon Prosser dalam sebuah siaran podcast.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (1/9/2022), Jon menyebut Apple tidak lagi menggunakan desain yang sama untuk iPhone SE generasi terbaru. Kali ini, perusahaan akan memakai desain mirip iPhone XR yang rilis pada 2018.

Perlu diketahui, iPhone SE yang ada saat ini memang masih mengadopsi desain iPhone lawas. Salah satunya ditunjukkan dengan kehadiran tombol fisik Home, berbeda dari desain iPhone anyar yang sepenuhnya layar.

Oleh sebab itu, apabila informasi ini benar, seri iPhone SE jelas akan mendapatkan penyegaran dari sisi desain. Jon sendiri dikenal kerap memberikan bocoran yang dapat dipercaya, sehingga tidak tertutup ada kemungkinan hal ini memang terjadi.

Kendati demikian, iPhone SE dengan desain baru ini besar kemungkinan tidak akan rilis dalam waktu dekat. Alasannya, iPhone SE generasi ketiga baru saja diperkenalkan pada Maret 2022.

Lalu menilik pola perilisan iPhone SE yang biasanya dilakukan dua tahun sekali, Apple kemungkinan baru akan merilis iPhone SE generasi keempat pada 2024. Sementara di tahun ini, Apple disebut-sebut akan merilis iPhone 14.

Apple juga telah menyebar undangan ke berbagai media untuk event yang digelar tahun ini. Diketahui, Apple event iPhone 14 akan digelar pada 7 September 2022 jam 10 pagi waktu setempat atau 8 September pukul 00.00 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Event Peluncuran iPhone 14 Digelar 7 September 2022

Dalam undangan bertemakan langit malam hari penuh bintang dan tagline "Far Out", perusahaan disebut-sebut juga mengumumkan Apple Watch Series 8 dan AirPods baru selain iPhone 14.

Seperti acara Apple selama pandemi Covid-19, perusahan mengadakan peluncuran produk atau pengumuman penting lainnya secara live streaming.

Diketahui, Apple berencana untuk meluncurkan empat model HP iOS terbarunya dalam acara yang digelar 7 September 2022 tersebut.

Adapun keempat model ponsel baru Apple tersebut adalah iPhone 14 (6,1 inci), iPhone 14 Max (6,7 inci), iPhone 14 Pro (6,1 inci), dan iPhone 14 Pro Max (6,7 inci).

Berdasarkan bocoran yang beredar di internet hingga saat ini, iPhone Pro dan iPhone 14 Pro Max akan mengalami peningkatan di segi hardware dan desain.

Kedua model iPhone 14 ini akan memiliki desain layar tanpa notch, dan mengadopsi lubang punch hole dan cut out berbentuk pil yang mendukung komponen Face ID.

Sementara untuk iPhone 14 versi standar dan Max tidak akan mengalami perubahan desain, dan memiliki tampilan iPhone 13 dengan tetap memakai notch.

Tak hanya itu, kedua model iPhone 14 standar dan Max ini juga masih akan menggunakan prosesor serupa di iPhone 13--A15. Sementara itu, varian Pro dan Pro Max-nya sudah pakai chipset A16.

3 dari 4 halaman

Varian Warna iPhone 14 Pro Bocor di Internet

Selain keempat model iPhone baru itu, Apple juga diyakini akan mengumumkan AirPods Pro dan Apple Watch Series 8--dengan varian Pro juga.

Jelang peluncuran, iPhone 14 pun sudah menjadi perbincangan panas dari warganet yang membahas segalah hal tentang HP Apple tersebut, seperti harga, spesifikasi, hingga desain.

Terkini, sejumlah foto dummy iPhone 14 yang memperlihatkan varian warna ponsel baru Apple itu mulai muncul di dunia maya.

Adapun ponsel itu diduga adalah iPhone 14 Pro dengan dua warna tambahan, yaitu Blue dan Purple.

Awalnya dummy iPhone 14 Pro yang pertama kali muncul di Weibo ini hanya menampilkan tiga varian warna, yaitu Graphite, Gold, dan Silver.

Ketiga varian warna ini memang sudah tersedia di model-model sebelumnya, namun opsi Dark Purple dan Blue hanya khusus di versi Pro.

Rumor tentang iPhone 14 Pro dan Pro Max dengan warna Purple ini memang sudah beredar sejak awal tahun ini, dan diklaim mampu berubah tingkat kecerahannya berdasarkan kondisi cahaya.

Sebelumnya, Apple sempat memperkenalkan warna purple ini varian iPhone 12 dan iPhone 12 mini, iMac 24 inci, iPad mini (Gen 6), dan iPad Air (Gen 5).

Karena itu, besar kemungkinan perusahaan bentukan Steve Jobs itu akan kembali memperkenalkan warna ungu ke lini iPhone 14 mereka.  

4 dari 4 halaman

Apple Selesai Kembangkan Versi Final iOS 16

Di sisi lain, Laporan terbaru mengungkap bahwa programer dan engineer Apple telah menyelesaikan pengembangan sistem operasi iOS 16. OS terbaru Apple ini pun sudah siap untuk digulirkan ke pengguna, dalam waktu dekat.

Mengutip informasi dari jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, Apple berencana untuk memperkenalkan iOS 16 dan WatchOS 9 pada September 2022. Pada bulan yang sama, Apple juga dijadwalkan akan merilis iPhone 14 series dan jam pintar Apple Watch Series 8.

Kendati demikian, sistem operasi untuk iPadOS 16 dan MacOS Ventura akan tersedia sebulan kemudian atau sekitar bulan Oktober 2022.

Mengutip Gizchina, Rabu (24/8/2022), iOS 16 akan menghadirkan fitur baru untuk ekosisten Apple. Mulai dari layar kunci yang dapat disesuaikan dengan widget, kemampuan untuk mengedit atau membatalkan pengiriman iMessage, pengenalan iCloud Shared Photo Library untuk berbagi foto dengan keluarga dan teman, serta banyak lainnya.

Selain itu, Apple disebut-sebut akan mengembalikan indikator persentase baterai yang terletak di bagian atas layar.

Laporan terbaru menyebut, Apple bermasuk meluncurkan iPhone 14 dan Apple Watch series 8 pada 7 September 2022. Banyak pihak berharap iOS 16 akan dirilis pada momen ini. Meski begitu, Apple belum mengungkap kebenaran informasi tersebut.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.