Sukses

Samsung Galaxy Z Fold4 Sempat Mejeng di Situs Amazon

Liputan6.com, Jakarta - Hanya dalam hitungan beberapa hari mendatang, Samsung akan menggelar acara peluncuran produk flagship teranyarnya.

Dalam acara bertajuk Galaxy Unpacked 2022 pada 10 Agustus 2022 mendatang, pecinta gadget dan fans Samsung akan disajikan beberapa produk baru milik perusahaan.

Berbagai bocoran informasi tentang produk yang akan diumumkan dalam acara pun sudah beredar sejak beberapa bulan lalu.

Adapun produk yang akan diumumkan, antara lain Galaxy Z Fold4, Z Flip4, Galaxy Watch 5, Watch 5 Pro, Galaxy Buds 2 Pro TWS, dan masih banyak lagi.

Kini, sebuah iklan di situs e-commerce Amazon memperlihatkan gambar Samsung Galaxy Z Fold4. Berdasarkan deskirpsi di situs tersebut--kini sudah dihapus, Galaxy Z Fold4 memiliki layar berukuran 6,2 inci di bagian luarnya.

Sementara itu layar di bagian dalamnya berukuran 7,6 inci dengan rasio 21.6:18. Baik layar di luar dan di dalam sudah mendukung refreh rate hingga 120Hz.

Seperti yang sudah diketahui lewat bocoran baru-baru ini, HP Android baru milik Samsung ini akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 buatan Qualcomm.

Untuk mendukung performa sehari-hari, perusahaan juga sudah menyematkan baterai 4400mAh dengan pengisian cepat 25W.

Terkait dengan fotografi, HP Samsung ini akan dilengkapi dengan kamera utama 50MP, lensa ultra-wide-angle 12MP, dan telefoto 10MP (3x optical zoom).

Sebagai informasi pelengkap, Samsung Galaxy Z Fold4 ini memiliki ukuran tinggi bodi 155,1mm, lebar 67,1mm saat dilipat, dan ketebalan 15.8mm. Saat dibuka, HP Samsung ini memiliki lebar 130,1mm dan berat 263 gram.

Sayang, informasi Samsung Galaxy Z Fold4 yang muncul di situs Amazon tersebut tidak mengungkap label harganya. Selain itu, hanya ada opsi memori 512GB yang ditampilkan di laman web.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bocoran Harga dan Spesifikasi Galaxy Z Fold4

<p>Bocoran tampilan Galaxy Z Fold 4 (Foto: SamMobile).</p>

Gambar render yang dibagikan oleh OnLeaks dan Smartprix, serta Evan Blass dan 91Mobiles, menunjukkan bahwa Galaxy Z Fold 4 akan mengawinkan formula phone-slash-tablet dengan elemen desain dari Galaxy S22 Ultra.

Cangkang kamera belakangnya akan sedikit menonjol seperti Galaxy S22 Ultra dan dimensi yang sedikit diubah. Pembocor Ice Universe memprediksi Galaxy Z Fold 4 akan memiliki lipatan layar yang lebih smooth.

Dari segi kinerja, pembocor terkenal Yogesh Brar mengatakan Samsung Galaxy Z Fold 4 akan menggunakan chip Snapdragon 8+ Gen 1 baru yang dipasangkan dengan RAM 12GB atau 16GB.

Kamera belakang utama memiliki resolusi 50MP yang ditingkatkan serta kamera beresoulsi 16MP yang jauh lebih tajam.

Ditambah sensor ultra-wide 12MP dan zoom 3X di bagian belakang, serta kamera selfie 10MP.

Soal ruang penyimpanan, Brar menyatakan bahwa Galaxy Z Fold 4 akan hadir dengan memori internal mulai 256GB, sedangkan Evan Blass menyebut 128GB.

Sementara YouTuber Jon Prosser dan yang lainnya meyakini Galaxy Z Fold 4 akan rilis di toko pada 26 Agustus 2022. Varian 128GB akan ditawarkan dengan harga lebih murah dari pendahulunya (Galaxy Z Fold 3) yang dibanderol US$ 1.800.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Galaxy Z Flip 4

Samsung Galaxy Z Flip 4. Evan Blass/91Mobiles

Jika bocoran gambar dari OnLeaks dan Evan Blass (ditambah video TechTalkTV yang dihapus) akurat, Galaxy Z Flip 4 sebenarnya adalah salinan dari Flip 3 dengan kamera belakang serupa, layar eksternal sedikit lebih besar, dan warna berbeda.

Menurut Yogesh Brar, Galaxy Z Flip 4 akan ditopang Snapdragon 8+ Gen 1, tetapi masih menyertakan RAM 8GB dengan ruang penyimpanan hingga 256GB yang tidak dapat diperluas dan layar 120Hz 6,7 inci.

Galaxy Z Flip 4 disebut akan mendapatkan baterai 3.700mAh yang lebih besar (dibandingkan 3.300mAh di Flip 3) dan pengisian daya 25W (dibandingkan 15W).

Kamera belakang ganda 12MP dan kamera selfie 10MP yang ada pada pendahulunya akan dibawa ke model baru.

Belum ada kepastian apakah Flip 4 akan tetap dibanderol dengan harga mulai US$ 999 seperti pendahulunya. Namun, jika ada model 128GB, diharapkan harganya tidak jauh lebih mahal. 

4 dari 4 halaman

Galaxy Watch 5 and 5 Pro

Samsung Galaxy Watch 5 dan Watch 5 Pro. Evan Blass/91Mobiles

Galaxy Watch 4 menandai kebangkitan jam tangan pintar Samsung dengan beralih ke Wear OS dan desain yang lebih ramping.

Perusahaan mungkin ingin mempertahankan momentum itu, karena mereka sedang mempersiapkan lini Galaxy Watch 5 dengan beberapa perubahan penting.

Jika gambar render yang dibagikan 91Mobiles asli, Samsung kemungkinan besar akan menghadirkan model Classic dari Galaxy Watch 5 Pro.

Galaxy Watch 5 Pro akan dibalut casing titanium yang ringan namun kuat. Samsung secara tidak sengaja mengisyaratkan nama Pro di aplikasi Health-nya, meskipun mereka tidak memberikan petunjuk lebih lanjut.

Sementara Galaxy Watch 5 biasa tidak akan terlalu mengejutkan, di mana konsep desainnya lebih condong untuk kebugaran yang sama seperti generasi sebelumnya.

Di sisi lain, SamMobile melontarkan desas-desus bahwa jam tangan itu akan memiliki baterai 10 persen lebih besar dari pendahulunya.

Bicara harga, Roland Quandt dari WinFuture mendengar pada bulan Juni bahwa Galaxy Watch 5 biasa akan dijual mulai US$ 306 untuk mode Bluetooth 40mm dan di atas US$409 untuk varian LTE 44mm.

Lalu harga Galaxy Watch 5 Pro akan jauh lebih mahal karena material titanium, dengan harga sekitar US$ 502 untuk model Bluetooth 45mm dan US$ 552 untuk model LTE-nya.

(Ysl/Tin)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS