Sukses

4 Penyebab Internet Lemot dan Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, banyak pekerjaan dan aktivitas sehari-hari yang tidak bisa dilepaskan dari internet. Apalagi, selama maraknya work from home (WFH) atau belajar dari rumah, koneksi internet menjadi terasa lebih penting.

Sayangnya, internet yang lemot menjadi kendala banyak pengguna di Indonesia. Mengutip siaran pers Biznet, ditulis Rabu (6/7/2022), ada beberapa hal yang bisa menyebabkan jaringan internet menjadi lambat atau lemot.

1. Masalah pada sistem operasi

Masalah pada sistem operasi di perangkat bisa menjadi penyebab kenapa saat kita berinternet terasa lambat, sehingga membuat kurang nyaman.

Biasanya, pengguna cukup melakukan restart perangkat. Cara ini memang terbukti cukup efektif untuk masalah internet lemot yang disebabkan oleh sistem operasi yang bermasalah.

2. Internet lemot karena paket data menipis

Internet yang melambat juga bisa terjadi akibat paket data yang digunakan mulai menipis. Beberapa operator memang memberlakukan pengurangan kecepatan, dengan tujuan agar paket data yang dimiliki tidak cepat habis.

3. Terlalu banyak membuka aplikasi

Berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa menutup aplikasi yang digunakan dapat menjadi salah satu penyebab internet lemot yang selanjutnya.

Aplikasi yang tidak ditutup akan terus menggunakan jaringan internet yang dimiliki, sehingga kapasitas jaringan terbagi ke dalam beberapa aplikasi.

4. Mengakses jaringan bersamaan

Internet lambat juga bisa terjadi karenanya banyak pengguna, dan menyebabkan kepadatan akses. Ini karena banyak pengguna yang mengakses internet di waktu yang hampir bersamaan, menyebabkan jaringan terasa lemot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Saat Jaringan Internet Lambat

Kemudian, ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika kamu mengalami internet yang terasa lambat.

1. Restart modem atau router

Pertolongan pertama pada WiFi yang lemot adalah dengan mematikan dan menyalakan ulang atau restart, pada modem maupun router.

Kamu dapat me-restart router atau modem dengan mematikannya melalui saklar atau tombol power. Selain itu, kamu juga bisa mencabut langsung adaptornya, lalu tunggu 10 sampai 30 detik sebelum dinyalakan kembali.

2. Update perangkat gadget secara berkala

Solusi kedua adalah dengan memperbarui atau meng-update perangkat yang dipakai secara rutin dan meng-update software. Hal ini karena terkadang, aplikasi masih menyedot data walaupun tidak digunakan, sehingga memberatkan kinerja perangkat.

Aplikasi-aplikasi yang belum di-update juga bisa membuat ponsel bekerja lebih keras, sehingga berpengaruhi pada koneksi internet. 

3 dari 3 halaman

Tips Saat Internet Lemot

3. Membersihkan cache pada perangkat

Apabila sering berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, dan aplikasi yang sebelumnya digunakan tidak ditutup, ini bisa menyebabkan koneksi Internet akan terus aktif.

Solusinya adalah dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan sehingga aktivitas pada aplikasi tersebut terhenti.

4. Ganti provider internet

Apabila semua hal di atas sudah dilakukan, tetapi internet masih saja lambat, ada baiknya mulai pertimbangkan untuk mengganti provider internet yang digunakan.

Selain menggunakan jaringan internet dengan kapasitas bandwidth yang besar, perhatikan juga posisi perangkat WiFi di rumah kita, agar jangkauan sinyal WiFi dapat diterima perangkat dengan baik.

(Dio/Ysl)