Sukses

WhatsApp Bakal Tingkatkan Fitur Reaction di Update Terbaru

WhatsApp disebut-sebut akan meningkatkan kemampuan fitur Reaction melalui update terbarunya.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp menambahkan banyak fitur ke aplikasi pesannya. Aplikasi pesan paling populer ini telah mendapatkan banyak fitur baru, mulai dari dukungan multi-perangkat, komunitas yang lebih besar, hingga Reaction.

Reaction merupakan sebuah fitur di mana pengguna bisa memberikan reaksi melalui emoji terhadap pesan yang dikirimkan oleh lawan bicara. Fitur ini sudah ada sejak beberapa waktu lalu di platform milik kompetitor, Telegram.

Fitur WhatsApp Reaction memiliki cara kerja yang mirip Facebook Reaction, di mana WhatsApp menyediakan enam emoji yang bisa dipilih pengguna untuk memberikan reaksi atas sebuah pesan.

Dalam update terbaru, disebutkan WhatsApp akan meningkatkan fitur Reaction di platformnya itu. Versi terbaru WhatsApp untuk iOS akan menghadirkan update untuk Reaction.

Mengutip Gizchina, Rabu (1/6/2022), berdasarkan informasi WABetaInfo, versi beta terbaru 22.12.0.70 membawa beberapa tweak menarik untuk Reaction.

Tweak ini memungkinkan pengguna untuk bereaksi terhadap foto di album otomatis. Seperti diketahui, ketika pengguna mengirimkan beberapa foto di obrolan, WhatsApp akan mengumpulkannya secara otomatis, menjadi sebuah album.

Kini, pengguna versi stabil aplikasi WhatsApp tidak akan mengetahui siapa yang memberikan reaksi ke tiap foto. Namun dengan update terbaru, pengguna bisa mengetahui reaksi terhadap setiap foto.

"Pada versi sebelumnya, pengguna tidak bisa mengetahui foto atau video mana dari album otomatis, yang menerima reaksi tanpa membukanya. Karena fitur reaksi ini, pengguna WhatsApp Beta kini bisa melihat thumbnail media di dalam info reaksi," kata WABetaInfo dalam laporannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengguna Bakal Bisa Beri Reaksi dengan Emoji Pilihannya

Disebutkan, thumbnail media membantu pengguna memahami media yang telah diberikan tanda reaksi dalam album otomatis.

Selain itu, WhatsApp juga tengah mempersiapkan iterasi 2.0 untuk Reactions. Update ini akan meningkatkan fitur tersebut. Update tersebut akan memungkinkan pengguna bereaksi dengan emoji apa pun yang tersedia. Kini, fungsi yang dimaksud masih dalam tahap pengembangan.

Sekadar informasi, WhatsApp terkenal dengan pengembangan fiturnya yang cukup lama. Salah satu buktinya, fitur multi-perangkat yang belum lama ini dirilis telah dikembangkan dalam waktu yang panjang, bahkan fitur tersebut masih terus dikembangkan dan disempurnakan.

WABetaInfo berasumsi, update pada WhatsApp Reactions ada pada kehadiran ikon biasa dengan penambahan tombol +. Setelah pengguna mengkliknya, mereka akan membuka daftar dengan semua emoji untuk dipilih dan memberikan reaksi.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada perkiraan untuk perangkat Android untuk mendapatkan update fitur ini.

Menariknya, WhatsApp baru-baru ini mengumumkan penghentian dukungan untuk iPhone 5 dan 5C yang berjalan pada versi iOS lawas.

 

3 dari 4 halaman

Dirilis Langsung Bos Meta Mark Zuckerberg

Awal Mei lalu, CEO Meta Mark Zuckerberg resmi mengumumkan kehadiran fitur reactions di WhatsApp. Informasi tersebut ia umumkan melakui akun resminya di Facebook dan Instagram.

"Reactions di WhatsApp bergulir mulai hari ini," tulis Mark seperti dikutip dari unggahan di Instagram Storiesnya, dikutip Kamis (5/5/2022). Dalam unggahan tersebut, ia juga menampilkan enam reactions yang hadir kali ini.

Ada reactions acungan jempol, hati, tertawa terbahak-bahak, kaget, serta sedih. Sebagai tambahan, ada pula reactions yang kerap diartikan sebagai ucapan terima kasih atau tos.

Dalam unggahan melalui Facebook, Mark Zuckerberg juga menuliskan dalam waktu dekat lebih banyak ekspresi akan ditambahkan di fitur ini. Namun, ada kemungkinan fitur ini akan rilis secara bertahap untuk seluruh pengguna, sehingga saat ini tidak semunya sudah bisa memakainya.

 

4 dari 4 halaman

Bikin Pengguna Lebih Ekspresif

Untuk diketahui, fitur reactions di WhatsApp sebenarnya sudah terdengar kehadirannya sejak tahun lalu, tapi baru muncul di versi beta baru pada bulan lalu. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan reaksi pada pesan yang diterima.

Dengan kata lain, pengguna WhatsApp kini bisa lebih ekspresif dalam memberikan reaksi terhadap pesan yang dikirimkan orang lain. Fitur ini sebenarnya sudah hadir lebih dulu di aplikasi Facebook.

Reactions memperkaya respons pengguna pada unggahan maupun komentar Facebook, sehingga tidak lagi sekadar tombol like.

Menurut laporan, awalnya WhatsApp tidak memiliki rencana mengungkap kehadiran fitur reactions untuk para pengguna. Namun pada akhirnya, perusahaan mulai mengembangkan fitur ini di iOS versi beta, kemudian untuk Android.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.