Sukses

Apple Uji Coba Panel Layar Lipat untuk iPhone dan iPad

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang ponsel layar lipat Apple memang sudah lama beredar di internet, lewat berbagai bocoran paten yang menunjukkan seperti apa bentuk HP itu.

Perkuat bocoran informasi di dunia maya, Apple dikabarkan sedang mengembangkan panel OLED layar lipat baru untuk iPhone dan iPad.

Kabar ini diungkap oleh media asal Korea Selatan, TheElec. Mengutip GSM Arena, Kamis (12/5/2022), layar lipat iPhone dan iPad tidak akan menggunakan lapisan polarizer seperti kebanyakan HP layar lipat di pasaran saat ini.

Bila memang benar, makan panel layar lipat iPhone dan iPad ini akan menggunakan teknologi serupa yang digunakan Samsung ntuk Galaxy Z Fold3 dan layar Eco2 OLED-nya.

Berkaca dari kesuksesan Samsung di lini smartphone layar lipatnya, bukan hal yang tidak mungkin Apple mempertimbangkan hal serupa untuk perangkat layar lipat buatannya.

Lalu, apa yang terjadi bila lapisan polarizer ini tidak dipakai untuk layar lipat di iPhone dan iPad? Dengan ini, maka panel layar di perangkat akan lebih tipis.

Meski begitu, perusahaan harus mengorbankan visibilitas dan kecerahan layar. Produsen pun dipaksa untuk meningkatkan konsumsi daya layar untuk meningkatkan kecerahan.

Karena hal tersebut, patut ditunggu bagaimana cara Apple akan mengatasi hal tersebut untuk iPhone dan iPad layar lipat buatannya itu.

Sayangnya, masih belum diketahui secara pasti apakah Apple akan merilis lini perangkat layar lipatnya pada tahun ini.

Akan tetapi, beberapa meyakini perusahaan rintisan Steve Jobs itu akan memperkenalkan iPad dan iPhone layar lipat paling cepat pada 2025.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

2 dari 4 halaman

Apple Resmi Pensiunkan Lini iPod Touch

Paten iPhone layar lipat. (Doc: USPTO/ Apple)

Apple mengumumkan akan mempensiunkan iPod Touch mereka, sekaligus resmi menghentikan produksi dan penjualan lini iPod.

Adapun iPod Touch adalah model terakhir yang diproduksi Apple, setelah 20 tahun lalu meluncurkan pemutar musik digital tersebut.

Kehadiran iPod pertama kali pada 2001 adalah awal perjalanan Apple masuk ke pasar pemutar musik digital, dan menjadi pesaing Sony Walkman kala itu.

Mendapat sambutan positif, Apple pun meluncurkan beberapa model iPod mulai dari Classic, Mini, Nano, hingga versi Touch.

Dengan memperkenalkan iPod 20 tahun lalu, Apple merevolusi bagaimana sebuah pemutar musik digital dapat tampil menarik dan unik.

 

3 dari 4 halaman

Terkikis oleh Perkembangan Teknologi

iPod Touch (Macrumor)

Berbekal tampilan antarmuka sederhana dan kapasitas penyimpanan lagu besar, Apple mampu mengungguli pesaing mereka saat itu.

Namun berjalannya waktu, iPod pun mulai tersingkirkan oleh perkembangan smartphone perusahaan lain dan juga ponsel buatan Apple, yakni iPhone.

Kini, iPod Touch akan menjadi lini terakhir yang menutup perjalanan dua dekade Apple di industri pemutar musik digital.

"Hari ini, semangat iPod akan tetap hidup," ucap Greg Joswiak, wakil presiden senior Pemasaran Global Apple, dikutip dari Android Authority, Rabu (11/5/2022).

Dia menambahkan, "Kami telah mengintegrasikan pengalaman musik luar biasa di semua produk, mulai dari iPhone, Apple Watch, HomePod Mini, dan di seluruh Mac, iPad, dan Apple TV."

Di sisi lain, Apple berencana untuk mengumumkan iOS 16 pada akhir tahun ini. Walau masih belum ada tanggal pasti kapan dirilis, kemungkinan akan ada tiga iPhone yang tidak lagi mendapatkan update iOS 16.

 

4 dari 4 halaman

Tiga iPhone di Bawah Ini Tak Dapat Update iOS 16

Ilustrasi. (Doc: Digital Trends)

Mengutip laman Tomsguide, Minggu (1/5/2022), berdasarkan tipster Apple LeaksApplePro, akan ada tiga iPhone yang kini menjalankan iOS 15, namun tidak akan mendapatkan iOS 16.

Ketiga iPhone yang dimaksud adalah iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE (2016).

Jika dicermati, ini bukan pertama kalinya beredar isu bahwa iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE (2016) tidak akan mendapatkan update iOS 16. Tahun lalu, sumber berbeda menyatakan hal serupa.

Sebelumnya, di tahun lalu saat menghadirkan iOS 15, Apple memberikan kejutan yang menyenangkan. Di mana, semua iPhone yang menjalankan iOS 14 bisa diperbarui software-nya hingga iOS 15.

Namun seiring iOS yang membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih besar dan daya komputasi yang lebih kuat, kejutan menyenangkan seperti di atas tidak bisa terus ada.

Apalagi, iPhone 6S dan generasi pertama iPhone SE 2016 telah berusia masing-masing 7 dan 6 tahun pada tahun 2022 ini. Jadi sepertinya tidak begitu mengejutkan jika Apple menghentikan dukungan update iOS untuk ketiga model iPhone di atas.

Sebenarnya, mendapatkan dukungan update iOS hingga tujuh tahun lamanya menunjukkan betapa baiknya Apple dibandingkan berbagai merek ponsel Android.

(Ysl/Isk)