Sukses

Tips Kegiatan Selama Ramadhan Bersama Keluarga ala Ririn Ekawati

Berikut ini tips dan inspirasi kegiatan yang dapat membuat bulan Ramadhan bersama keluarga ala Ririn Ekawati

Liputan6.com, Jakarta Tradisi khas dan kehangatan bersama keluarga menjadikan bulan Ramadhan sebagai salah satu momen spesial yang selalu dinantikan oleh aktris Ririn Ekawati.

"Namun, sebagai seorang working mom, menyeimbangkan aktivitas pribadi dan waktu luang bersama keluarga menjadi tantangan tersendiri," kata Ririn melalui siaran pers ShopeePay, dikutip Rabu (6/4/2022)

Terlebih di bulan Ramadan, kata Ririn, kebutuhan keluarga semakin banyak dan cukup berbeda dengan bulan-bulan lainnya.

Maka dari itu, wanita yang juga merupakan pengguna ShopeePay ini pun membagikan beberapa tips dan inspirasi kegiatan yang dapat membuat bulan Ramadhan bersama keluarga menjadi semakin bermakna.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenalkan Konsep Puasa

Kenalkan konsep berpuasa pada anak secara bertahap

Tahun ini, Ririn konsisten mengajarkan Cattleya, putri bungsunya, menjalankan ibadah puasa bersama keluarga. Sejak menginjak umur empat tahun Ramadan tahun lalu, Ririn telah mengenalkan si kecil kegiatan puasa.

"Aku mulai dari konsep sederhana, seperti pentingnya kewajiban berpuasa serta bagaimana caranya menahan rasa lapar, haus, dan emosi," kata istri dari Ibnu Jamil ini.

Namun, Ririn sadar bahwa setiap anak pasti memiliki tantangan puasa yang berbeda-beda. Cattleya misalnya, bisa menahan lapar namun susah menahan godaan untuk minum susu karena menyukainya.

"Jadi, aku mendorong anak-anak untuk mulai berpuasa secara bertahap saja agar mereka tidak merasa berat dalam menjalaninya, toh masih dalam proses belajar juga," kata Ririn.

Susun meal plan dan rencanakan kebutuhan harian puasa bersama anggota keluarga

Ririn mengatakan, membuat daftar kebutuhan puasa dan Lebaran sebaiknya dilakukan sejak awal agar dapat lebih mudah mengatur waktu di tengah kesibukan selama bulan Ramadan.

Untuk menambah kehangatan, ia pun kerap melibatkan anggota keluarga lainnya dalam merencanakan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Misalnya, menyusun meal plan untuk sahur mengajak anak-anak, mmbuat mereka  makin semangat melaksanakan sahur.

Menjelang berbuka, Ririn juga kerap mengajak sang anak dan suami untuk memilih kudapan hingga santapan berbuka dari restoran favorit keluarga.

3 dari 4 halaman

Manfaatkan Teknologi

Sambung tradisi lama, bangun rutinitas baru

Bertepatan dengan bulan Ramadan, Ririn kerap menjalankan tradisi bersama keluarga seperti ziarah jelang Ramadhan, serta menunaikan tarawih di masjid terdekat.

Ririn juga memiliki kebiasaan buka bersama sang adik agar keakraban terus terjaga walau sudah berkeluarga. Meski pandemi masih melanda, dia tetap berupaya meneruskan tradisi-tradisi tersebut meski dengan keterbatasan.

Selain itu, Ririn juga berusaha memperkenalkan makanan khas Ramadhan yang disukainya sejak kecil kepada suami dan anak.

Dia mengatakan sering menghidangkan kuliner khas Sulawesi seperti es pisang ijo atau palu butung sebagai variasi takjil keluarga saat berbuka. Menyambut hari raya pun, dia menyajikan buras dan coto Makassar.

Manfaatkan teknologi dan platform digital supaya makin praktis

Ririn mengakui bahwa teknologi memberikan banyak kemudahan bagi dia dan keluarganya untuk tetap maksimal menjalani aktivitas berpuasa setiap harinya.

Misalnya dengan memanfaatkan layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood untuk persiapan sahur dan berbuka puasa, layanan kesehatan online seperti Alodokter, serta Natural Farm.

Ia juga mengakui mengisi waktu ngabuburit dengan berbagai platform hiburan digital dan menggunakan layanan pembayaran digital ShopeePay saat mengunjungi restoran favorit keluarga saat berbuka bersama.

(Dio/Ysl)

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Beda Durasi Waktu Puasa Negara-Negara di Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.