Sukses

Ed Sheeran Tak Pakai HP Sejak 2015 Demi Kesehatan Mental

Liputan6.com, Jakarta Punya jutaan penggemar dan pengikut di media sosial, musisi Ed Sheeran mengaku bahwa dirinya bukan pengguna handphone (HP). Ia bahkan tidak menggunakannya selama bertahun-tahun.

"Saya tidak membawa-bawa ponsel, tidak ... Saya tidak punya ponsel sejak 2015," kata musisi asal Inggris itu dalam podcast The Collector's Edition, seperti dikutip dari Good Morning America, Jumat (28/1/2022).

Pelantun 'Shape of You' dan 'Perfect' itu mengaku, alasan dirinya tidak memakai telepon genggam adalah karena ia sempat mengalami masalah kesehatan mental akibat perangkat itu.

"Saya benar-benar kewalahan dan sedih dengan ponsel. Saya hanya menghabiskan seluruh waktu saya di tempat yang sangat rendah," ujarnya.

Ed Sheeran juga menambahkan, menjawab pesan teks sesegera mungkin membuat dirinya stres. Ia akhirnya memutuskan menyingkirkan HP dari hidupnya di penghujung tur dunia X.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Menikmati Momen Tanpa Terganggu

Ketika tidak lagi menggunakan ponsel, Sheeran mengaku apa yang dilakukannya tak serta merta memotong kontak dengan orang lain, namun hanya membatasi kontak dengan orang-orang.

"Sekarang, saya punya email... dan setiap beberapa hari, saya akan duduk dan membuka laptop dan saya akan menjawab 10 email sekaligus," kata musisi yang juga pencipta lagu Love Yourself bersama Justin Bieber itu.

"Dan kemudian saya akan kembali menjalani kehidupan dan saya tidak merasa terbebani olehnya."

Bagi Sheeran, hal terbaik dari tidak membawa ponsel adalah dirinya bisa memiliki waktu bersama dengan orang-orang tercintanya tanpa gangguan.

Menurutnya, sebuah hal lucu ketika dia pergi bersama teman-temannya dan melihat mereka malah menatap ponselnya masing-masing. "Saya akan seperti 'Obrolan yang bagus, teman-teman!'" candanya.

3 dari 4 halaman

Sempat Pakai Nokia 3310

Sheeran juga menilai ponsel yang ada saat ini terlalu canggih dan ia merasa harus ada "langkah mundur" agar tidak terlalu rumit.

Namun Sheeran juga mengaku merindukan ponsel BlackBerry Bold lawasnya dan layanan pesan BlackBerry Messenger yang sempat ditawarkannya.

Walau sudah bertahun-tahun hidup tanpa ponsel, namun bukan berarti Sheeran sama sekali terbebas dari perangkat itu sejak 2015.

Ia sempat menggunakannya ketika pandemi Covid-19 dimulai, di mana National Health Services di Inggris, saat itu membutuhkan telepon untuk kepentingan pelacakan dan penelusuran.

Kala itu, dikutip dari Daily Star, Sheeran tidak menggunakan smartphone. Dia memilih ponsel "bata" Nokia 3310 seharga £60 (sekitar Rp 970 ribuan), yang hanya berisi game Snake, telepon, SMS, dan tidak banyak lagi.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal