Sukses

Data Center AWS Berlokasi di Indonesia Resmi Meluncur

Dengan kumpulan beberapa data center yang berlokasi di Indonesia ini, AWS menjanjikan layanan dengan latensi yang lebih rendah kepada pelanggan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Amazon Web Services (AWS) mengumumkan dibukanya secara resmi kumpulan beberapa pusat data AWS Asia Pacific (Jakarta) Region di Indonesia.

Dengan AWS Asia Pacific Region ini, pelanggan dapat menjalankan beban kerja dan menyimpan data digital dengan aman di Indonesia.

Selain itu dengan kumpulan beberapa data center yang berlokasi di Indonesia ini, AWS menjanjikan layanan dengan latensi yang lebih rendah kepada pelanggan mereka.

Perusahaan juga merilis studi terbaru tentang dampak ekonomi dari investasi pembangunan dan operasional data center di Indonesia ini.

Dalam studi tersebut, perusahaan mengklaim data center ini mampu menciptakan 24.700 lapangan pekerjaan, baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan estimasi nilai investasi yang direncanakan sebesar Rp 71 triliun bagi perekonomian Indonesia.

Dalam kurun waktu 15 tahun ke depan, AWS Asia Pacific (Jakarta) Region diestimasikan akan berkontribusi terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar Rp 155 triliun.

Cloud menghadirkan beragam peluang bagi organisasi-organisasi,” kata Prasad Kalyanaraman, Vice President of Infrastructure Services, AWS.

“Dengan dibukanya Region baru kami di Asia Pasifik, diharapkan berbagai institusi, startup, dan perusahaan di Indonesia dapat menghadirkan aplikasi-aplikasi yang didukung oleh cloud untuk turut menjadi motor pembangunan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia."

Prasad menyebutkan, "organisasi dari berbagai industri di Indonesia saat ini dapat mengambil keuntungan dari kehadiran AWS Region, seperti biaya yang lebih rendah, meningkatkan agilty, dan mendorong lahirnya inovasi-inovasi.”

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cloud Berperan Penting

Foto: www.nostra.ie

Lebih lanjut, Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia menganggap infrastruktur yang dikembangkan oleh AWS memainkan peran penting dalam mempercepat pertumbuhan ekonimi digital.

“Kami berharap teknologi cloud AWS akan membantu kami mencapai visi dan tujuan yang digariskan dalam cetak biru Sistem Pembayaran Indonesia 2045," katanya.

Rencananya, sistem pembayaran nasional akan digitalkan dan mengintegrasikan banyak pemangku kepentingan dan kegiatan ekonomi di bawah prinsip panduan keamanan dan perlindungan data.

 

3 dari 3 halaman

Investasi-Investasi AWS di Indonesia

Ilustrasi Cloud

AWS Asia Pacific (Jakarta) Region merupakan bentuk upaya terbaru dari investasi berkelanjutan AWS di Indonesia.

Setelah buka kantor AWS pertamanya di Jakarta pada 2018, perusahaan terus menguatkan komitmennya untuk mendukung startup dan bisnis di Indonesia.

Sejak 2017, AWS telah membantu lebih dari 1.700 startup Indonesia membangun dan meningkatkan skala bisnis mereka dengan menggunakan teknologi AWS.

Selama lima tahun ke depan, AWS berencana untuk menjangkau lebih dari satu juta penerima manfaat di Indonesia melalui inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan di bawah payung AWS InCommunities.

Adapun perusahaan tersebut meliputi pendidikan Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika (STEAM), pengembangan tenaga kerja teknologi lokal, pengembangan masyarakat, dan program-progam lingkungan.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini