Sukses

7 NFT Marketplace Lokal Karya Anak Bangsa

Liputan6.com, Jakarta - Aset non fungible token (NFT) kian populer di Indonesia karena membantu para pekerja seni untuk menjual karyanya di pasar lokal maupun global.

Sayangnya, masih banyak NFT yang ditransaksikan melalui marketplace luar negeri dan hal ini dinilai berisiko.

"Kalau marketplace di luar negeri, takutnya kalau terjadi apa-apa, investor Indonesia tidak bisa mengklaim. Mau mengadu ke mana? Investasi itu harus hati-hati," ujar Direktur TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi, belum lama ini.

Ia menyebut seandainya ada hacker masuk ke web NFT marketplace tersebut, akan ada kebocoran dan kerugian. Berbeda jika marketplace itu berada di Indonesia sehingga investor bisa berlindung di bawah regulasi dalam negeri.

Kabar baiknya, belakangan muncul sejumlah NFT marketplace lokal karya anak bangsa. Berikut ini tujuh di antaranya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 11 halaman

1. TokoMall

Dalam situs resminya, Tokomall mengklaim sebagai pelopor NFT di Indonesia yang mempunyai konsep unik dan sebagai jembatan dunia digital dengan dunia nyata.

NFT marketplace ini mendukung para artis, kreator, dan merek lokal untuk menduniakan produk mereka, membuat NFT dapat menebus barang fisik dari mitra eksklusifnya.

Tokomall juga menyediakan karya NFT edisi terbatas eksklusif dari merek dan artis Indonesia.  

3 dari 11 halaman

2. Paras.id

Paras.id (Paras Digital) adalah NFT Marketplace yang dibangun di atas teknologi blockchain yang menawarkan kepemilikan dan kelangkaan digital.

Paras.id menggunakan cryptocurrency NEAR sebagai media pertukaran antara pencipta dan kolektor untuk mendukung transaksi lintas batas. 

Total pendanaan awal yang didapat Paras Digital adalah US$ 5 juta atau sekitar Rp 7,18 miliar.

Investor yang terlibat dalam pendanaan tersebut adalah Black Dragon Capital, Dragonfly Capital, Moonwhale Capital, Digital Renaissance, GFS Ventures, Global Coin Research, OKEx Blocdream Ventures, serta beberapa venture capital dan angel investor lainnya.

4 dari 11 halaman

3. Enevti

Selanjutnya adalah Enevti, sebuah platform terdesentralisasi yang dapat membantu para penggemar berhubungan nyata dengan para influencer mereka.

Di Enevti, NFT bisa ditebus dengan protocol pembiayaan kreator. Dengan adanya Enevti, hubungan fans dengan kreator favorit mereka menjadi lebih dalam dan nyata.

5 dari 11 halaman

4. Kolektibel

Jika kamu adalah penggemar atau pemain basket, maka pilihlah IBL NFT Marketplace. NFT IBL (Indonesia Basketball League) adalah suatu platform dokumentasi dari aksi-aksi terbaik dari para pemain basket IBL selama berlaga di lapangan pada kompetisi musim 2021.

Nah, aksi-aksi ini nantinya dikelola, lalu dijadikan sebagai merchandise. Setiap produk NFT IBL mempunyai keunikan dan karakteristik sendiri.

6 dari 11 halaman

5. Baliola

Baliola adalah proyek dari kepeng.io cryptocurrency berbasis teknologi blockchain yang menjual berbagai produk seniman Bali dengan mekanisme NFT. Baliola diinkubasi oleh BKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) Denpasar.

Nantinya, Baliola tidak hanya menjual produk seniman, melainkan juga setiap pengguna yang menjadi penjual akan divalidasi terlebih dahulu dan dibuatkan halaman sendiri.

Dengan demikian, para penjual bisa membuat etalase produknya masing-masing.

 

7 dari 11 halaman

6. Artsky

Artsky merupakan platform NFT Marketplace terdesentralisasi yang menghubungkan antara penjual dan pembeli secara langsung.

Artsky sangat mendukung banyak orang yang mempunyai ide-ide dan ketrampilan digital kreatif untuk menghasilkan uang.

Artsky menaungi berbagai bidang seni yaitu gravity, digital art, video, music, painting, photo, dan masih banyak lagi. Untuk mendukung marketplace-nya, Artsky selain masuk ke NFT, mereka juga mengerjakan beberapa proyek game, DeFi, metaverse dan juga decommerce.

 

8 dari 11 halaman

7. TokoNFT

TokoNFT menghadirkan sebuah token yang akan memfasilitasi segala macam transaksi, governance dan staking reward bagi user atau pengguna.

TokoNFT memiliki beberapa fitur seperti NFT Staking, Multichain NFT, Metaverse NFT Gallery, Instagram NFT hingga NFT Launchpad.

NFT Staking yang ada di TokoNFT dapat memberikan dampak positif dan earning bagi pembeli karya seni di TokoNFT sekaligus dapat meningkatkan volume bagi kreator yang akan melakukan penjualan di TokoNFT. Kreator atau pembeli dapat melakukan Staking NFT dengan reward token TokenNFT (TKN).

9 dari 11 halaman

Pengertian dan Cara Kerja NFT

Dalam penjelasan sederhana, NFT merupakan token digital, tidak dapat dipertukarkan namun dapat diperjualbelikan.

Hal ini yang membuat NFT cocok digunakan dalam transaksi karya seni digital oleh konsumen biasa maupun kolektor atau disebut sebagai crypto art yang ditunjang oleh Ethereum sebagai platform pendukungnya.

Dalam hal ini, NFT berfungsi sebagai alat verifikasi karya digital untuk transaksi crypto art. Hal ini yang membuat karya yang diperjualbelikan diperlakukan layaknya karya seni berformat fisik.

NFT mengubah aset digital dan jenis barang koleksi lainnya menjadi satu-satunya, sehingga karya seni tersebut bisa diverifikasi keasliannya dan mudah diperdagangkan melalui blockchain.

Artinya, transaksi jual beli aset digital melalui NFT menggunakan mata uang kripto (cryptocurrency), yang pada akhirnya tetap bisa dikonversi menjadi mata uang konvensional.

Setiap karya seni hanya ada satu NFT dan hal itu ditunjukkan lewat kode identitas unik. Dengan cara kerja seperti itu, NFT bisa difungsikan sebagai penanda orisinalitas dari sebuah karya.

 

10 dari 11 halaman

Tak Cuma untuk Karya Seni

Jika dilihat pada fungsinya, NFT bisa memiliki ragam project dan asset. Pada industri gaming, terdapat NFT yang diluncurkan khusus game, seperti Axie Infinity, dan lain-lain.

Sementara untuk hal kepemilikan, NFT bisa menjadi wadah untuk mempertemukan orang-orang dengan minat yang sama di sebuah komunitas.

Nilai plus pada NFT juga bisa terlihat bagaimana asset ini mampu menjadi jembatan teknologi dengan dunia nyata. Sebab NFT bisa menjadi semakin popular dan bernilai sehingga bisa semakin cepat diterima oleh masyarakat umum.

11 dari 11 halaman

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar