Sukses

Twitter Luncurkan Super Follows di iOS, Bisa Dapat Cuan dari Cuitan

Wilayah pengguna yang sudah bisa menjajal langganan atau mengaktifkan fitur Super Follows Twitter pun masih terbatas

Liputan6.com, Jakarta - Usai diumumkan di bulan Februari lalu, Twitter akhirnya meluncurkan fitur Super Follows yang memungkinkan pengguna menarik biaya untuk konten khusus dari subscriber mereka.

Nantinya, fitur Super Follows akan membuat kicauan dari pengguna tersebut hanya terlihat pada mereka yang menjadi pelanggannya.

Meski begitu, fitur baru Twitter ini belum tersedia secara luas dan masih terbatas pada pengguna terbatas aplikasi Twitter di iOS yang berlokasi di Amerika Serikat dan Kanada.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (4/9/2021), pelanggan Super Follows atau Super Followers nantinya akan terlihat dari sebuah badge yang muncul di bawah nama mereka saat membalas sebuah cuitan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Berlangganan

Twitter mengatakan mereka berencana untuk meluncurkan fitur itu untuk iOS di lebih banyak negara dalam beberapa pekan mendatang, dilanjutkan dengan Android dan web.

Pengguna Super Follows dapat mengenakan biaya dengan kisaran USD 2,99 (sekitar Rp 42 ribu); USD 4,99 (sekitar Rp 71 ribu); dan USD 9,99 (sekitar Rp 142 ribu) per bulannya yang proses pembayarannya dilakukan melalui Stripe.

Twitter menyebut, pengguna bisa memperoleh hingga 97 persen pendapatan berlangganan setelah biaya pihak ketiga, hingga mereka mencapai batas penghasilan seumur hidup USD 50 dolar di semua produk monetisasi Twitter.

Pada batas tersebut, Twitter mengatakan pengguna masih bisa memperoleh hingga 80 persen pendapatan setelah biaya pihak ketiga.

3 dari 4 halaman

Fitur Super Follows Masih Terbatas untuk Diaktifkan

Dikutip dari Tech Crunch, apabila pengguna di Kanada dan AS sudah bisa mulai mengikuti akun berlangganan, akun yang mendapatkan izin monetisasi pun masih terbatas untuk pengguna di AS.

Selain itu, untuk bisa mengaktifkan status tersebut, pengguna di AS berusia minimal 18 tahun, memiliki 10 ribu pengikut, dan melakukan setidaknya 25 tweet dalam sebulan terakhir untuk memenuhi persyaratan.

Profil akun dengan Super Follows nantinya akan memiliki tombol dengan warna merah muda, disertai halaman berlangganan yang mengatakan "dapatkan konten bonus saat Anda berlangganan."

Tak cuma Super Follows yang menjadi strategi Twitter dalam memonetisasi sebuah konten beberapa waktu lalu. Mereka juga telah mulai meluncurkan Tip Jar, Ticketed Spaces, bagian belanja, hingga tombol berlangganan newsletter.

(Gio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Pencurian Uang Elektronik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.