Sukses

Harga iPhone 13 Bisa Lebih Mahal Karena Hal Ini

Produksi chip dinilai akan berdampak pada naiknya harga iPhone 13 di pasaran

Liputan6.com, Jakarta Apple dikabarkan akan segera meluncurkan iPhone 13 series dalam waktu dekat. Salah satu yang banyak jadi pertanyaan adalah mengenai spesifikasi, keunggulan, serta tentu saja harga.

Mengutip CNET, Jumat (3/9/2021), sebuah laporan dari DigiTimes di bulan Agustus menyebut harga iPhone 13 series mungkin bisa lebih mahal daripada iPhone 12.

Menurut kabar yang beredar, Apple dikabarkan sedang mempertimbangkan menaikkan harga iPhone 13 untuk mengimbangi kenaikan harga produksi chip dari pemasoknya, TSMC.

Pemasok Apple itu dikabarkan ingin meningkatkan biaya hingga 20 persen untuk "teknologi proses yang canggih dan matang" pada Januari 2022.

Dikutip dari Independent, desas desus peningkatan harga iPhone 13 terjadi di tengah masalah yang sedang berlangsung dalam produksi chip.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seretnya Cip di Dunia

Seretnya prosesor secara global (yang dipakai di segala hal mulai dari jam tangan pintar hingga mobil), telah membuat semua jenis chip menjadi lebih mahal.

Apple juga mengatakan, masalah tersebut bisa saja berimbas pada produk terbarunya. Kesulitan mendapatkan chip bisa menyebabkan masalah untuk iPhone dan iPad.

Sebelumnya, analis memperkirakan harga iPhone 13 tidak akan jauh berbeda dari iPhone 12, yang merupakan perangkat pertama dengan dukungan 5G.

Versi dasar dari iPhone 13 disebut-sebut akan dihargai US$ 799 atau sekitar Rp 11,3 juta.

Hal ini karena iPhone 12 menghasilkan kuartal pendapatan dan laba terbesar dalam sejarah Apple, sehingga mungkin saja perusahaan diberi insentif untuk mengikuti struktur harga yang serupa.

3 dari 4 halaman

Empat Model iPhone 13

Dikutip Tekno Liputan6.com dari Gizchina sebelumnya, harga iPhone 13 Series mungkin memiliki kisaran paling mahal US$ 2.163 atau sekitar Rp 28 juta.

Dikabarkan bahwa harga iPhone 13 series dengan kapasitas storage paling kecil adalah US$ 850 atau sekitar Rp 12 jutaan.

Sedangkan untuk model 1TB akan dijual seharga US$ 2.163 atau sekitar Rp 31 juta. iPhone 13 sendiri akan hadir dalam empat model seperti seri iPhone sebelumnya.

Perusahaan bentukan Steve Jobs ini akan meluncurkan iPhone 13 mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

(Gio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Keuntungan iPhone terhadap Apple

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.