Sukses

Telkomsel Umumkan 3 Pemenang Utama Digihackaction, Siapa Saja?

Dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual, Telkomsel mengumumkan tiga pemenang utama Digihackaction.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel akhirnya mengumumkan tiga pemenang utama dari program Digihackaction atau Digital Hackathon Action. Program ini ditujukan untuk mendorong pertumbuhan talenta digital Indonesia, terutama di sektor periklanan digital.

Ketiga pemenang tersebut berasal dari 10 tim terbaik yang bersaing dalam tahap Demo Day. Adapun Demo Day yang dilakukan secara virtual tersebut sekaligus menjadi penutup seluruh rangkaian program adtech dan martech hackathon pertama di Indonesia tersebut.

"Sampainya kita pada tahap ini merupakan momentum bagi Telkomsel dalam memperkuat peran kami sebagai society enabler yang mampu membuka peluang lebih luas bagi talenta digital unggul di seluruh Indonesia untuk lebih berkembang dengan memberikan solusi teknologi yang inovatif dan bermanfaat bagi pelaku bisnis di Indonesia, khususnya UMKM," tutur SVP Digital Advertising & Banking Telkomsel Ronny W. Sugiadha dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual.

Adapun tiga pemenang dalam program ini adalah Cek Toko Sebelah App yang menjadi juara satu dengan ide Real Time Product Comparisono.

Lalu ada Tim Deadliner dengan ide Comment Robot Marketing sebagai juara dua, serta StoriAi terpilih menjadi juara tiga dengan ide AI Assistant for Persuasive Writing.

Sebagai informasi, solusi Real Time Product Comparison milik Cek Toko Sebelah App memungkinkan pengguna membandingkan harga produk dari setiap platrom e-commerce, seperti Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Tokopedia.

Sementara Comment Robot Marketing dari Tim Deadliner memudahkan para UMKM memaksimalkan merek dan memasarkan produk mereka melalui komentar di media sosial menggunakan teknologi Natural Language Processing Artificial Intelligence.

Terakhir, StoriAI menawarkan solusi yang diberi nama AI Assistant for Persuasive Writing yang membantu pengguna menciptakan iklan menarik, konten tulisan, caption media sosial dan deskripsi di e-commerce tanpa memerlukan keahliah copywriting.

Para pemenang program Digihackaction akan mendapatkan hadiah uang, termasuk kesempatan berkolaborasi dengan Telkomsel DigiAds melalui tahapan proses inkubasi dan akselerasi selanjutnya.

"Dengan ini DigiHackAction juga akan menjadi pintu bagi unit bisnis Telkomsel DigiAds dalam menginspirasi hadirnya lebih banyak talenta berdedikasi yang memiliki solusi terbaik berbasis customer and market centric untuk dapat dikembangkan menjadi aset dan engine baru," tutur Ronny.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Antusiasme Tinggi Para Peserta

Untuk diketahui, meski baru digelar untuk pertama kali, antusiasme peserta program ini terbilang tinggi. Telkomsel menerima 300 ide yang didaftarkan dalam program Digihackaction, padahal target awalnya hanya sebanyak 250 ide.

Ratusan ide tersebut datang dari peserta dengan berbagai latar belakang, seperti 68 persen tim independen, 24 persen startup, 27 persen pengembang, dan 11 persen perusahaan digital.

Telkomsel juga mencatat, dari jumlah ide yang masuk, 46 persen di antaranya memilih Advertising and Marketing Direct Solution, 28% memilih Digital Advertising Product, dan 26% memilih Advertising and Marketing Support Solution.

Ratusan ide tersebut kemudian dikurasi hingga tersaring 137 ide (Top 100) yang diumumkan pada 14 Agustus 2021. Setelahnya, ide tersebut dikurasi para dewan juri untuk dipilih menjadi 10 ide terbaik (Top 10).

3 dari 4 halaman

Telkomsel Dorong Pertumbuhan Talenta Sektor Periklanan Digital Lewat Digihackaction

Untuk diketahui, Telkomsel melalui Telekomsel Digital Advertising (DigiAds) menggelar program Digihackaction atau Digital Hackathon Action. Program ini ditujukan untuk mendorong pertumbuhan talenta digital indonesia terutama di sektor periklanan digital.

Program ini sekaligus jadi perwujudan komitmen perusahaan dalam membuka kesempatan pengembangan talenta seputar solusi periklanan digital efektif melalui pemanfaatan teknologi tepat guna.

SVP Digital Advertising & Banking Telkomsel, Ronny Wilimas Sugiadha mengatakan, Telkomsel membuka lebih banyak pelung dan kesempatan bagi talenta digital untuk menciptakan solusi di sektor periklanan digital.

"Kami memaknai program DigiHackAction ini sebagai jembatan untuk mendorong layanan Telkomsel DigiAds terus tumbuh menjadi penyedia solusi periklanan dan pemasaran digital yang lengkap, fleksibel, dan inovatif," kata Ronny, dikutip dari keterangan resmi Telkomsel, Minggu (18/7/2021).

Digihackaction merupakan program hackathon Telkomsel DigiAds dengan tema "The 1st Adtech and Martech Hackathon in Indonesia". Ajang ini merupakan kolaborasi antara Telkomsel DigiAds bersama Telkomsel Innovation Center (TINC) dan DailySocial.

SVP Corporate Strategy and Strategic Investment Telkomsel Andi Kristianto menambahkan, lewat kolaborasi ini, Telkomsel berupaya membuka peluang dan kesempatan untuk talenta unggul di berbagai daerah Indonesia untuk menghasilkan solusi bisnis periklanan dan pemasaran digital yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya para UMKM.

"Para peserta dapat mendaftarkan ide, prototype, Minimum Viable Product (MVP), atau pun produk solusi yang sudah memiliki nilai komersial di program Digihackaction," katanya.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.