Sukses

iPhone Nano, Smartphone Mini Apple yang Tak Jadi Dirilis Steve Jobs

Dalam sebuah email yang pernah dikirim Steve Jobs tahun 2010, terungkap Steve Jobs pernah mempertimbangkan untuk merilis iPhone berukuran kecil, yang disebut iPhone Nano.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2020, Apple merilis sebuah iPhone berukuran kecil yang bernama iPhone 12 mini. Perangkat ini punya layar 5,4 inci namun dibekali chipset powerful, A14 Bionic dengan arsitektur 5nm.

Kendati demikian, karena kapasitas dayanya hanya 2.227 mAh, pengguna mau tidak mau harus mengisi daya perangkatnya beberapa kali dalam sehari.

Seiring waktu, Apple dilaporkan telah menghentikan produksi iPhone 12 Mini. Namun tahun 2021 ini, model iPhone 13 Mini kabarnya masih akan tetap ada.

Bicara soal iPhone berukuran kecil, sebuah informasi lawas mengungkap bahwa kehadiran smartphone mini Apple pernah disinggung oleh mendiang Steve Jobs, sang pendiri Apple.

Mengutip Phone Arena, Jumat (20/8/2021), informasi ini berdasarkan sebuah email yang dikirim oleh Steve Jobs. Email tersebut membahas agenda pertemuan yang direncanakannya pada 2010 silam.

Saat itu, email Steve Jobs menyebutkan tentang perangkat bernama iPhone Nano. "Nano" saat itu dipakai untuk produk iPod yang lebih kecil.

Email Steve Jobs yang dilihat The Verge ini ditemukan saat pengumpulan bukti-bukti pendukung persidangan gugatan Epic terhadap Apple.

Email yang ditulis Steve Jobs tersebut memiliki poin mengenai paket iPhone Nano dan sub poin di bawahnya bertuliskan "cost goal", serta pengingat bahwa kepala desain Apple saat itu, Jony Ive, akan memperlihatkan gambar rendering  iPhone Nano pada para petinggi Apple.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Rencanakan iPhone 4 Plus?

Ada pula beberapa poin untuk strategi Apple 2011 yang mencakup iPhone 4 Plus dengan antena, prosesor, chipset, kamera, dan software yang lebih baik. Selain itu juga ada rencana perilisan iPhone yang didukung LTE akan rilis tahun 2012.

Hingga email ini terkuak, rupanya Apple tidak pernah benar-benar merilis iPhone 4 Plus. Perusahaan justru pertama kali menggunakan "Plus" pada iPhone 6 yang dirilis September 2014.

Plus sendiri merujuk pada versi premium dari iPhone dengan sejumlah fitur menarik. Padahal, Email Steve Jobs saat itu dikirim pada 24 Oktober 2010.

Tidak hanya rencana iPhone berukuran nano, email ini juga menyebut, dirinya ingin membuat iPhone murah berbasis iPod touch untuk menggantikan iPhone 3Gs. Tidak dijelaskan apakah iPhone murah ini sama dengan iPhone nano atau tidak.

3 dari 3 halaman

Meninggal Kurang dari Setahun Kemudian

Namun, dalam email tersebut Steve Jobs menulis, ia menampilkan sejumlah iklan produk pesaing iPhone, antara lian adalah Motorola Droid dan sebuah model BlackBerry.

Rupanya, kurang dari setahun setelah email ini dikirim, Steve Jobs meninggal dunia karena kanker prankreas. Ia digantikan oleh Tim Cook yang kemudian menjabat menjadi CEO hingga saat ini.

Beberapa saat setelah Steve Jobs meninggal dunia, Apple merilis iPhone 4s, yang juga menandai debut Siri. Sebelum meninggal dunia, Steve Jobs dikabarkan mengerjakan sejumlah aspek pada iPhone 6 series.

(Tin/Isk)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.