Sukses

Game Your Fit Bawa Tim Indonesia Lolos 10 Besar Google Solution Challenge 2021

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Game Your Fit yang mengajak masyarakat berolahraga, membawa tim mahasiswa asal Indonesia menjadi satu dari sepuluh finalis teratas di Solution Challenge 2021 yang diselenggarakan oleh Google.

Solution Challenge 2021 sendiri merupakan program dari Google yang mengundang pelajar untuk mengembangkan solusi dalam mengatasi masalah komunitas lokal, dengan satu atau lebih produk atau platform Google.

Dalam siaran pers yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (27/7/2021), misi yang diberikan kepada peserta pada tahun ini adalah untuk memecahkan satu atau lebih dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Game Your Fit dikembangkan oleh tim Solusi Anak Bangsa yang terdiri dari sekelompok pelajar di BINUS International Computer Science, yakni Aric Hernando (19), Jason Christian Hallianto (19), Jason Jeremy Wijadi (19), dan Monique Senjaya (18).

Berbekal bimbingan dari Google dan pakar lainnya, aplikasi ini dirancang untuk melacak gerakan pengguna secara real time, menggunakan sensor gerak di smartphone, untuk mendorong seseorang berolahraga dengan memainkan seluruh pengalaman yang tersedia.

Di aplikasi ini, pengguna akan memainkan game yang dikendalikan dengan gerakan. Di setiap levelnya, akan ada serangkaian latihan yang harus dilakukan untuk maju.

Setiap repetisi yang dilakukan pengguna akan otomatis dihitung dengan bantuan sensor gerak di ponsel pintar. Pengguna pun juga dapat bersaing dengan teman-temannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Ajak Masyarakat Berolahraga

Tim pengembang menyebut, dengan bantuan aplikasi ini pengguna setidaknya bisa membakar 150 kalori dengan durasi di bawah 15 menit.

Tim Solusi Anak Bangsa mengatakan di masa yang sulit seperti ini, beraktivitas di luar rumah menjadi lebih sulit. Olahraga dan jogging pun menjadi lebih terbatas.

"Kami membuat Game Your Fit untuk menunjukkan, berolahraga dan menjadi bugar di dalam rumah dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan mudah diakses oleh semua orang dengan smartphone mereka."

Game Your Fit diharapkan dapat menurunkan tingkat kematian dari penyakit tidak menular dan meningkatkan kualitas kehidupan yang menargetkan SDG poin 3.4.

Aplikasi ini dikembangkan dengan berbagai teknologi Google yaitu Android, Firebase, Google Cloud Platform, TensorFlow/Machine Learning/AI, dan WebRTC.

WebRTC digunakan untuk menghubungkan dan mengkomunikasikan antara aplikasi di smartphone dengan browser game di gameyourfit.com.

Menggunakan real-time pose detection Google ML Kit, game ini dapat mendeteksi langkah dan setiap gerakan yang dilakukan tubuh pengguna untuk berinteraksi.

3 dari 5 halaman

Lolos 10 Besar

Aplikasi ini pun membawa Tim Solusi Anak Bangsa sebagai satu-satunya tim asal Indonesia yang terpilih sebagai satu dari sepuluh finalis teratas Solution Challenge 2021, dari lebih dari 800 tim yang bersaing di kompetisi tingkat dunia ini.

Sebagai salah satu dari sepuluh finalis teratas, tim Solusi Anak Bangsa memenangkan langganan satu tahun ke Pluralsight, merchandise, dan pendampingan khusus tambahan dari Google dan Google Developer Experts.

Saat ini, mereka sedang mempersiapkan diri menuju pemilihan Top 3 Winners.

Kesepuluh finalis teratas akan menampilkan solusi mereka kepada Google dan developer di seluruh dunia di YouTube selama Solution Challenge Demo Day 2021 yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus.

"Jika diberikan kesempatan, kami ingin mengatur kembali beberapa hal di dalam Game Your Fit dalam upaya untuk membuat pengalaman lebih baik lagi bagi para pengguna," kata mereka.

(Gio/Ysl)

4 dari 5 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini