Sukses

Mahasiswa Ini Mampu Jalankan Windows 11 di Windows Phone

Hanya dalam waktu singkat, seorang mahasiswa mampu menjalankan Windows 11 di smartphone Windows Phone.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft baru merilis Windows 11 preview untuk pengembang dan pengguna yang penasaran dengan OS baru perusahaan pada minggu ini.

Hanya dalam waktu singkat, seorang mahasiswa mampu menjalankan OS terbaru milik Microsoft ini di smartphone Windows Phone.

Adalah mahasiswa teknik Gustave Monce yang berhasil menjalankan Windows 11 di Lumia 950 XL, salah satu ponsel pertama dengan Windows 10 Mobile. Dikutip dari The Verge, Rabu (7/7/2021).

Dari video singkat yang diunggah ke akun YouTube-nya, Windows 11 dapat dipakai dengan lancar untuk sebuah perangkat dengan ukuran layar 5,7 inci.

“Hobi otak-atik OS ini berawal pada 5 tahun lalu, ketika Windows 10 Mobile hampir 'mati',” ucap Monce kepada The Verge.

Disebutkan, Monce bekerja sama dengan Bingxing Wang, insinyur lainnya untuk mewujudkan gagasan Windows 11 ini dapat berjalan dengan lancar di Lumia 950 XL.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kembangkan Windows 11 di Windows Phone

Monce dan tim saat ini memang giat mem-porting dan merekayasa balik driver agar Windows 11 dapat berjalan di Windows Phone, dan menulis driver mereka sendiri.

"Saya tidak akan mengatakan kami cukup cepat untuk melakukannya, kami membutuhkan waktu empat tahun untuk mencapai kondisi saat ini, tetapi sebenarnya mengesankan kami tiba di sini dengan tidak banyak dokumentasi yang tersedia,” kata Monce.

“Karena semua pekerjaan itu untuk Windows 10 dan pekerjaan yang sebelumnya kami lakukan untuk mendukung Windows 10X, Windows 11 adalah jalur alami ke depan, dan benar-benar tidak membutuhkan banyak waktu untuk memulai.”

3 dari 3 halaman

Microsoft Ubah Tampilan Blue Screen of Death di Windows 11

Dilansir The Verge, Jumat (2/7/2021), Microsoft akan mengubah tampilan layar biru yang identik itu menjadi warna hitam atau Black Screen of Death--masih BSOD--di Windows 11.

Perubahan warna ini akan tampak lebih serasi dengan layar logon dan shutdown hitam yang baru di Windows 11.

Walau sebatas berganti warna, ini merupakan perubahan besar pertama pada BSOD sejak Microsoft menambahkan "wajah sedih" ke layar di Windows 8 pada 2012, dan kode QR pada 2016.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini