Sukses

Facebook Rilis Live Audio Rooms, Layanan Mirip Clubhouse

Facebook merilis Live Audio Rooms, sebuah layanan audio mirip Clubhouse. Layanan ini pertama digulirkan di AS.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook meluncurkan layanan audionya yang mirip Clubhouse, Live Audio Rooms. Kini layanan tersebut hadir di Amerika Serikat.

Konsep awalnya, layanan Live Audio Rooms memungkinkan publik figur dan sekelompok orang tertentu bisa membuat ruang obrolan melalui aplikasi Facebook di iOS.

Meski hanya bisa dimulai di aplikasi Facebook iOS, pengguna lain bisa bergabung baik dari perangkat iOS atau Android.

Mengutip The Verge, Selasa (22/6/2021), siapa pun dapat diundang menjadi pembicara, dengan jumlah total 50 orang berbicara dalam waktu bersamaan.

Tidak ada batasan untuk jumlah pendengar yang diizinkan masuk dalam sebuah ruang obrolan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemberitahuan Ketika ada Teman yang Join

Live Audio Rooms milik Facebook juga memperkenalkan fitur pemberitahuan ketika ada teman atau pengikut yang bergabung ke dalam ruang obrolan. Selain itu, di dalam Live Audio Rooms juga ada fitur live captions.

Fitur live captions ini mirip dengan milik Twitter, yakni ketika pembicara sedang berbicara akan langsung ada transkripnya.

Ke depan, Live Audio Rooms juga akan menyediakan tombol "raise a hand" untuk minta bergabung dalam percakapan. Selain itu juga akan ada reaksi untuk bisa interaksi selama obrolan berlangsung.

3 dari 3 halaman

Berdonasi

Live Audio Rooms juga memungkinkan admin mengontrol siapa yang bisa membuat sebuah ruang obrolan. Apakah itu moderator, grup, anggota, atau admin lainnya.

Bukan hanya itu, host juga bisa memilih sebuah lembaga nonprofit untuk memberikan dukungan selama percakapan berlangsung.

Pasalnya Facebook menyediakan sebuah tombol donasi yang dimunculkan pada chat. Di mana, para pendengar bisa berdonasi hanya melalui klik tombol tersebut. 

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini