Sukses

Android 12 Beta 2 Bisa Tunjukkan Durasi Panggilan di Status Bar

Android 12 Beta 2 dapat menunjukkan durasi panggilan yang tengah berlangsung di status bar.

Liputan6.com, Jakarta - Android 12 dikabarkan menghadirkan perubahan desain UI besar-besaran. Namun, sampai saat ini Google masih belum mengungkap detailnya.

Salah satu update yang dihadirkan Android 12 tercermin pada Android 12 Beta 2. Android 12 Beta 2 sudah mulai digulirkan ke smartphone Google Pixel sejak minggu lalu.

Update yang dimaksud adalah pengguna bisa dengan mudah melihat durasi panggilan yang tengah berlangsung, pada status bar/ bilah status.

Biasanya, ketika pengguna meninggalkan aplikasi telepon, terdapat notifikasi yang memperlihatkan durasi panggilan. Ketika di-tap, pengguna bisa kembali ke aplikasi telepon dengan cepat.

Nah, fitur ini masih ada namun pengguna harus membuka notifikasi terlebih dahulu.

Mengutip GSM Arena, Selasa (15/6/2021), Android 12 akan menempatkan durasi panggilan ke bilah status.

Tampilan durasi panggilan ini tidak hanya untuk panggilan suara via telepon, tetapi juga aplikasi pihak ketiga. Misalnya saja Skype, WhatsApp, Viber, dan lain-lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Android 12 Beta Paling Banyak Diinstal

Sebelumnya, Google resmi meluncurkan Android 12 versi beta. Meski masih di tahap beta, antusiasme terhadap Android paling baru ini ternyata cukup tinggi.

Informasi ini diungkap oleh VP of Engineering Google Dave Burke. Dalam kicauannya di Twitter, seperti dikutip dari dari Android Central, Sabtu (12/6/2021), Android 12 versi beta ternyata yang paling banyak diunduh atau diinstal.

"Android 12 beta sejauh ini menjadi versi beta yang paling banyak diunduh/di-install," tulis akun @davey_burke.

Belum diketahui alasan Android 12 versi beta ini begitu populer, tapi ada kemungkinan banyak yang ingin merasakan pengalaman baru yang ditawarkan sistem operasi anyar ini.

Seperti diketahui, Android 12 memang menawarkan personalisasi yang lebih beragam bagi penggunanya. Desain keseluruhan sistem operasi ini juga dibuat lebih segar, Google menyebutnya bahasa desain anyar ini sebagai Material You.

3 dari 3 halaman

Sejumlah Smartphone Kebagian Android 12

Untuk saat ini, baru beberapa model smartphone Android yang bisa menjajal versi beta ini, termasuk salah satunya Google Pixel.

Pengguna Pixel dapat mengunjungi situs Android 12 beta untuk mendaftarkan ponsel mereka dalam versi beta.

Setelah mendaftarkan perangkat, pengguna akan mendapatkan notifikasi di smartphone yang menandakan Android 12 versi beta publik ini siap diinstal.

Jika ingin memeriksa secara manual, pengguna bisa membuka menu Setting di smartphone, lalu buka System, dan pilih System Update.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.