Sukses

GrabExpress Rilis Deretan Fitur Baru untuk Bantu UMKM

Head of GrabExpress Grab Indonesia, Tyas Apsari mengumumkan deretan fitur baru hadir di GrabExpress, terutama untuk pelaku UMKM.

Liputan6.com, Jakarta - GrabExpress baru saja mengumumkan deretan fitur baru yang ada di layanannya. Kehadiran fitur baru ini menurut Head of GrabExpress Grab Indonesia, Tyas Apsari, diharapkan dapat mendukung aktivitas pelaku UMKM maupun pengguna umum.

"Hari ini, kami mengumumkan sejumlah inovasi baru yang hadir di GrabExpress. Kami harap inovasi ini dapat membantu rekan UMKM di Indonesia atau masyarakat pada umumnya," tuturnya saat berbicara dengan awak media, Jumat (5/2/2021).

Salah satu inovasi yang dihadirkan di layanan GrabExpress, kata Tyas adalah tampilan aplikasi yang dibuat lebih simpel dan mulus. Perubahan ini juga diharapkan bisa mempermudah pengguna saat melakukan pengiriman.

"Pembaruan ini sudah kami luncurkan secara berkala. Seharusnya di minggu ini, semua orang yang sudah memperbarui aplikasinya lewat Play Store dan App Store dapat melihat tampilan baru di GrabExpress," ujarnya menjelaskan.

Dengan tampilan baru ini, pengguna Grab juga lebih mudah untuk mengetahui biaya pengiriman. Jadi, pengguna tinggal memasukan lokasi pengiriman dan tujuan, biaya pengiriman bisa langsung terdeteksi, tanpa perlu memasukkan alamat lengkap terlebih dulu.

Fitur lain yang juga hadir di GrabExpress adalah formulir pengiriman. Melalui fitur ini, pengguna atau mitra pelaku UMKM dapat meminta penerima mengisi formulir dengan alamat tujuan, sehingga lokasinya bisa lebih akurat.

"Fitur ini hadir sebab kami mendengar masukan pengguna GrabExpress. Tantangan yang biasanya dihadapi layanan pengiriman adalah pengirim kadang tidak tahu persis lokasi tujuan di mana, sehingga penerima yang lebih mengenal daerahnya dapat mengisi sendiri," ucap Tyas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Permudah Pelacakan

GrabExpress kini juga memudahkan pengguna untuk melacak paket yang dikirimkan, terutama bagi pengguna yang melakukan pengiriman banyak paket sekaligus dalam satu paket.

"Jadi kini pengguna dapat melihat status masing-masing paket yang dikirimkan Sebab, kami juga mendengarkan pelaku UMKM atau social seller yang anxious apabila barangnya belum sampai, sehingga kami ingin membantu kekhawatiran itu," ujar Tyas menjelaskan .

Ada pula fitur pesan lagi untuk alamat yang pernah menjadi tujuan pengiriman. Jadi, alamat tujuan dapat disimpan dan pengguna dapat langsung melakukan pemesanan langsung ke penerima.

GrabExpress kini turut meningkatkan kemampuan dari sistem pengiriman ke banyak tujuan. Berbekal peningkatan ini, sistem akan secara otomatis menghadirkan rute tercepat dan terdekat, sehingga biaya kirim lebih murah.

"Di versi terbaru ini, dengan mudah cukup satu tombol usai memasukkan beberapa alamat tujuan, pengguna dapat langsung mengetahui mencari rute tercepat tiba di destinasi," ucapnya lebih lanjut.

3 dari 3 halaman

Program Klub Juragan GrabExpress

Sejak tahun lalu, GrabExpress juga meluncurkan program Klub Juragan GrabExpress yang masih terus dilanjutkan hingga saat ini. Dengan bergabung di program ini, pengguna utamanya pelaku UMKM akan memperoleh sejumlah keuntungan.

Beberapa di antaranya adalah promosi ongkos kirim berbeda dari yang ada di aplikasi, bantuan pemasaran melalui akun Grab Indonesia, hingga akses pinjaman model. Ada pula webinar dan tips bisnis setiap bulannya yang dapat diikuti para pengguna.

Tyas menuturkan, pelaku UMKM yang tertarik untuk bergabung dengan program ini dapat mendaftarkan diri melalui blog Klub Juragan GrabExpress.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini