Sukses

Permudah Mitra Usaha, Gojek Rilis Fitur Kelola Pegawai untuk GoBiz

Liputan6.com, Jakarta - Gojek merilis fitur baru untuk aplikasi GoBiz yang digunakan para mitra usahanya. Fitur baru tersebut adalah Kelola Pegawai, yang dapat memudahkan pemilih usaha mengelola akses karyawan dari mana saja.

Fitur Kelola Pegawai diharapkan dapat membantu mitra usaha terus menjalankan usahanya dengan aman dan nyaman di tengah pandemi.

"Pengelolaan pegawai yang baik berdampak pada operasional usaha yang mulus, terutama di masa pandemi dimana pemilik usaha dan pegawai tidak selalu bertemu. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, kami hadirkan fitur Kelola Pegawai yang sangat mudah digunakan dan dapat langsung diakses di aplikasi GoBiz atau melalui websiteGoBiz Dashboard," ujar Head of Merchant Platform Business Gojek, Novi Tandjung, seperti dikutip dari keterangan resminya pada Sabtu (26/9/2020).

"Fitur tersebut juga memberikan sekat akses yang jelas antara pegawai satu dengan yang lainnya, sehingga mencegah penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," kata Novi melanjutkan.

 

2 dari 3 halaman

Rincian Fitur Kelola Pegawai

Berikut adalah rincian fitur Kelola Pegawai GoBiz:

1. Mengatur akses masing-masing karyawan sesuai kebutuhan usaha

2. Mengamankan rahasia terkait kepemilikan usaha

3. Memiliki akses terhadap informasi penting seperti transaksi dan komisi

Semenjak hadir melengkapi aplikasi GoBiz, fitur Kelola Pegawai diklaim membantu mitra UMKM kuliner menjadi semakin produktif dan mengurangi rasa kekhawatiran terkait pembagian peran dalam mengelola usaha.

Seorang mitra UMKM kuliner GoFood, Suci Suryanto, mengaku lebih aman sejak menggunakan fitur tersebut. Suci merupakan pemilik usaha Martabak +62 Bandung.

"Fitur Kelola Pegawai adalah salah satu fungsi andalan saya di aplikasi GoBiz. Sekarang, walaupun saya sedang tidak berada di outlet, apabila ada pesanan masuk, saya tetap bisa menerima pesanan dari jauh, karena berbagi peran sebagai manajer dan kasir dengan karyawan saya, yang diatur dalam fitur tersebut," kata Suci.

 

3 dari 3 halaman

Menjaga Data Usaha

Tidak hanya secara fungsional, Suci menambahkan bahwa fitur Kelola Pegawai juga berguna dalam menjaga data usaha.

"Fitur Kelola Pegawai membantu pembagian peran antara kasir, manajer dan pemilik, pesanan tetap dapat dikelola oleh kasir atau manajer, sementara data-data laporan lengkap penjualan tetap hanya bisa diakses oleh owner (pemilik) saja dari aplikasi GoBiz," kata Suci. 

(Din/Why)