Sukses

Gojek Beri Akses KUR Bunga 0 Persen ke Mitra UMKM

Liputan6.com, Jakarta - Di masa pandemi Covid-19, Gojek dipilih pemerintah sebagai mitra untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga 0 persen bagi pebisnis UMKM.

Dengan kerja sama ini, mitra usaha Gojek dapat mendaftarkan pinjaman KUR Super Mikro dengan Suku Bunga 0 persen.

Penyaluran kredit ini diinisiasi oleh subsidi dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) yang disalurkan oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Nantinya, mitra usaha Gojek yang mendaftar dan memenuhi persyaratan bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp 10 juta.

Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo mengatakan, sebagai bagian dari inisiatif #MelajuBersamaGojek yang merupakan dukungan komprehensif dan inklusif ke mitra UMKM, Gojek sangat berbangga hati dapat dipercaya menjadi mitra pilihan pemerintah untuk memfasilitasi kesempatan bagi para mitra usaha Gojek mengakses program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro.

2 dari 3 halaman

Proses Mendapatkan Pinjaman KUR

“Kredit dengan suku bunga 0 persen ini merupakan sebuah dukungan luar biasa pemerintah untuk UMKM dengan memberikan tambahan subsidi untuk para Penerima KUR dan calon Penerima KUR Super Mikro ini dan berkontribusi untuk pemulihan ekonomi nasional," tutur Andre dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Kamis (24/9/2020).

Andre mengatakan, Gojek akan menjangkau mitra usaha melalui kanal informasi resmi mitra usaha Gojek. Dengan demikian, akan makin banyak mitra UMKM yang mendapat fasilitas kredit, guna menjaga perputaran usaha mereka.

3 dari 3 halaman

Persetujuan dari Himbara

Selanjutnya, proses pengajuan pinjaman KUR akan ditindaklanjuti dengan analisis serta persetujuan akhir dari pihak Bank Himbara.

Gojek sendiri mendukung proses seleksi awal melalui pre-screening calon debitur dari mitra usaha Gojek menggunakan beberapa kriteria dasar. Lalu, calon debitur yang lolos tahap ini akan diajukan ke bank untuk proses penilaian dan analisa kredit sesuai prosedur.

Nantinya, jika terpilih sebagai debitur, maka bank akan melanjutkan proses penyaluran pinjaman langsung ke debitur yang bersangkutan.

(Tin/Why)