Sukses

Gojek Terus Perkuat Keamanan untuk Mitra Driver dan Merchant

Liputan6.com, Jakarta - Gojek terus memperkuat keamanan layanannya tidak hanya bagi konsumen, tapi juta mitra driver dan merchant. Inisiatif #AmanBersamaGojek yang dirilis Februari lalu diklaim terbukti membantu kedua mitranya semakin merasa aman dalam memperoleh pendapatan di dunia digital, terutama di masa pandemi Covid-19.

Chief Information Security Officer (CISO) Gojek Group, George Do, mengungkapkan berdasarkan riset perusahaan, mayoritas driver atau sebesar 92 persen menyatakan akun mereka kini lebih aman. Salah satunya berkat keberadaan fitur verifikasi wajah.

Selain itu, 93 persen merchant diungkapkan merasa aman dengan GoBiz untuk bertransaksi dengan para konsumen.

Keamanan mitra ini menjadi poin penting di tengah meningkatnya migrasi pelaku usaha dari offline ke online pada masa pandemi Covid-19, dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kami tidak hanya berinvestasi banyak di teknologi, tapi kami juga tetap mengedepankan edukasi untuk meningkatkan kesadaran para mitra kami agar menjaga akun mereka tetap aman. Sehinga mereka dapat mengidentifikasi upaya-upaya penipuan dan melaporkannya ke pihak Gojek," ungkap George dalam acara konferensi pers #AmanBersamaGojek pada Jumat (18/92/2020).

2 dari 3 halaman

Fitur Keamanan Baru untuk Driver

Melalui inisiatif #AmanBersamaGojek, Gojek merilis sejumlah fitur baru untuk para mitra driver dan merchant.

Inovasi terbaru di sisi platform mitra driver, kata George, adalah inovasi verifikasi wajah mitra driver. Fitur tersebut berfungsi memastikan kesesuaian data dan informasi mengenai identitas mitra driver.

Lapisan keamanan tambahan tersebut bisa melindungi mitra dari berbagai upaya pengambilalihan akun secara ilegal oleh pihak tak bertanggung jawab. Fitur verifikasi wajah digunakan oleh mitra driver yang ingin masuk (login) ke aplikasi untuk menjalankan pesanan.

Inovasi ini melengkapi inovasi lainnya yaitu penyamaran nomor telepon (number masking), tombol darurat (emergency button) dan bagikan perjalanan (share trip).

 

3 dari 3 halaman

Fitur Keamanan untuk Merchant

Inovasi keamanan juga dilakukan di platform GoBiz untuk mitra merchant. Platform tersebut telah dilengkapi fitur verifikasi PIN, OTP (kode rahasia One Time Password), dan fitur "Kelola Pengguna GoBiz" untuk melindungi data pribadi usaha mitra merchant.

Selain itu, calon mitra juga bisa menjadi mitra usaha Gojek dengan aman dan mudah tanpa perantara melalui inovasi terbaru yaitu Fitur Daftar Mandiri GoBiz. Calon mitra merchant bisa langsung registrasi, verifikasi dan aktivasi akunnya secara langsung.

(Din/Ysl)