Sukses

Penipuan Kartu Kredit, Hacker Sembunyikan Kode Jahat di Metadata Gambar

Berdasarkan riset, hacker kini banyak menyembunyikan penipuan kartu kredit di dalam metadata gambar milik toko online yang jadi sasarannya.

Liputan6.com, Jakarta - Penipuan kartu kredit fisik bukanlah jenis kejahatan baru dan pelakunya bisa menyembunyikan aktivitas tersebut. Namun jika ditelusuri lebih jeli, kita bisa mencari celah penipuan itu.

Seiring dengan maraknya penggunaan platform digital, penipuan kartu kredit pun dilakukan secara virtual. 

Berdasarkan laporan terbaru dari Malwarebytes, tampaknya kini hacker menyembunyikan penipuan kartu kredit online di dalam metadata gambar milik toko online yang jadi sasarannya.

Mengutip laman Ubergizmo, Selasa (30/6/2020), sebenarnya menyembunyikan kode jahat di dalam metadata sebuah gambar bukanlah hal baru.

Namun ini adalah pertama kalinya peneliti melihat konsep ini dipakai dalam hal penipuan kartu kredit secara virtual.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Curi Informasi Pengguna

Menurut para peneliti di Malwarebytes, kode ini tampaknya banyak ditemukan pada favicons. Favicons merupakan ikon-ikon yang dilihat pada tab browser, yang memperlihatkan website-website di dalam tab.

Ketika dipakai bersamaan dengan toko online yang sudah dibobol, hacker akan dapat mencuri informasi dari pengguna. Informasi seperti nama, alamat, hingga informasi kartu kredit sekalipun.

3 dari 3 halaman

Sasaran para hacker

Berdasarkan riset, tampaknya para hacker tengah menarget plugin WooCommerce untuk WordPress karena memiliki cukup banyak pengguna di sana.

Mencuri informasi kartu kredit bukanlah jenis kejahatan baru, namun, fakta bahwa si hacker menemukan cara baru untuk menyembunyikan aktivitasnya jadi hal yang berbahaya.

Oleh karena itu, pecinta belanja online perlu berhati-hati dengan metode penipuan kartu kredit jenis ini.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.