Sukses

Review Realme Narzo, Pilihan Baru untuk Anak Muda

Liputan6.com, Jakarta - Realme terus meramaikan pasar dengan berbagai smartphone baru. Salah satu yang baru pada bulan ini adalah Realme Narzo.

Mengusung slogan "Feel the Power", Realme Narzo didukung chipset MediaTek Helio G90T untuk menunjang perfomanya. Smartphone ini hadir untuk anak muda, khususnya generasi Z yang gemar bermain gim online, menonton video, dan kebutuhan hiburan mobile lainnya.

Pihak Realme mengklaim Narzo fokus pada performa kuat, termasuk dari sisi porsesor, layar dan baterai besar, serta pengisian daya yang cepat. Lantas seberapa baik performa Realme Narzo?

Tim Tekno Liputan6.com telah mencoba Realme Narzo selama beberapa hari. Setelah menjajalnya, berikut ringkasan review Realme Narzo:

Isi Kotak

Realme Narzo (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Kotak penjualan Realme Narzo tampil dengan warna kuning yang menarik.

Di dalam kotak penjualannya, terdapat satu unit Realme Narzo, adapter charger, alat pelepas SIM, kabel USB, buku petunjuk penggunaan, buku garansi, dan casing pelindung.

2 dari 5 halaman

Desain

Realme Narzo hadir di Indonesia dalam dua pilihan warna, Just Black dan Just White. Unit yang kami review dibalut warna putih dengan pola cahaya sederhana, yang membuatnya tampak elegan.

Embed logo Realme berada di kiri belakang perangkat, sejajar dengan empat kamera. Kamera belakang Narzo terdiri dari 8MP 119° ultra-wide-angle, kamera utama 48MP, serta dua 2MP yang merupakan lensa potret B&W dan makro. Sementara kamera depannya beresolusi 16MP dengan aperture f2.0.

Narzo hadir tanpa tombol fisik di bagian depan perangkat. Realme meletakkan speaker, port USB Type-C, mikrofon, dan port audio jack 3.5mm di bagian bawah perangkat.

Realme Narzo (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Sisi samping kanan realme Narzo terdapat tombol daya, yang menjadi satu dengan pemindai sidik jari. Selain pemindai sidik jari, Narzo juga memiliki fitur keamanan lain yaitu face unlock dan password.

Realme Narzo (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)Realme Narzo (Foto: Andina Librianty)

Lalu di sisi kiri, terdapat tombol volume, serta slot kartu SIM dan penyimpanan ekstra menggunakan kartu MicroSD hingga 256GB.

3 dari 5 halaman

Performa

Selama beberapa hari mencoba Narzo, kami mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Smartphone yang disokong chipset MediaTek Helio G90T ini diklaim dirancang khusus untuk mendukung pengalaman bermain gim yang lancar. Realme Narzo hadir di Indonesia dengan RAM 4GB dan memori internal 128GB.

Kami mencoba bermain gim online populer saat ini, dan salah satunya adalah PUBG Mobile. Ketika bermain gim ini, grafis secara default adalah HD. Pilihan grafis ini disesuaikan dengan spesifikasi smartphone yang digunakan.

PUBG Mobile di Realme Narzo (Andina Librianty/Liputan6.com)PUBG Mobile di Realme Narzo (Andina Librianty/Liputan6.com)

Ketika memainkan gim ini, semuanya berjalan dengan baik. Pergerakan jari di layar terasa mulus dan tidak ada lag. Namun, setelah dimainkan atau menggunakannya selama kurang lebih 15 menit, perangkat terasa mulai menghangat.

Ketika beberapa aplikasi berjalan di latar belakang, penggunan masih berjalan dengan baik. Tidak ada lag ditemui. Sentuhan jari di layar pun terasa mulus.

Berdasarkan hasil pengujian di benchmark platform, Geekbench, Narzo mencetak skor 543 untuk single-core dan 1689 multi-core.

Skor Realme Narzo di Geekbench (Andina Librianty/Liputan6.com)Realme Narzo di Geekbench (Foto: Andina Librianty/Liputan6.com)

Smartphone berbasis Android 10 dan UI V1.0 ini memiliki layar berukuran 6,5 inci dengan refresh rate 90Hz Ultra Smooth Display. Layar Realme Narzo cukup cerah dan jernih, sehingga nyaman digunakan ketika bermain gim dan menonton video.

Ukuran perangkat dengan dimensi 162.1x74.8x9.6mm ini juga nyaman digenggam. Hal ini membuat kegiatan seperti menonton video dan bermain gim menjadi lebih menyenangkan.

Realme melengkapi smartphone ini dengan baterai 4.300mAh dan mendukung 30W flash charge. Teknologi ini dapat mengisi daya baterai hingga sekira 50 persen dalam waktu 60 menit.

4 dari 5 halaman

Kamera

Kamera merupakan salah satu fitur utama yang menjadi pertimbangan bagi konsumen. Kamera belakang Narzo terdiri dari 8MP 119° ultra-wide-angle, kamera utama 48MP, serta dua 2MP. Sementara kamera depannya beresolusi 16MP dengan aperture f2.0.

Berikut sejumlah hasil foto dari kamera Realme Narzo di luar dan dalam ruangan:

Foto dari kamera belakang Realme Narzo (Andina Librianty/Liputan6.com)Foto dari kamera belakang Realme Narzo (Andina Librianty/Liputan6.com)Foto dari kamera belakang 48MP Realme Narzo (Andina Librianty/Liputan6.com)

Foto dari kamera depan Realme Narzo (Andina Librianty/Liputan6.com)

Secara keseluruhan, hasil foto cukup memuaskan dengan warna yang tampak tajam. Hal ini terutama untuk hasil foto dengan kondisi cahaya terang, seperti siang hari.

Kamera utama 48MP menghasilkan foto yang memuaskan, baik ketika di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Hasil foto tampak lebih tajam.

Namun seperti berbagai kamera smartphone lain, ketika foto diperbesar maka noise tetap terlihat, terutama ketika kondisi cahaya redup.

Foto dari kamera belakang Realme Narzo pada malam hari (Andina Librianty/Liputan6.com)Foto dari kamera belakang Realme Narzo pada malam hari dengan Night mode (Andina Librianty/Liputan6.com)

Kamera Narzo memiliki berbagai fitur antara lain Ultra macro, mode Pro, Portrait, dan Night. Ultra macro memiliki warna lebih pekat, sehingga memberikan efek yang lebih mendalam pada foto.

Foto dari kamera belakang Realme Narzo dengan Ultra maro (Andina Librianty/Liputan6.com)

Foto dari kamera belakang Realme Narzo (Andina Librianty/Liputan6.com)

Foto dari kamera belakang Realme Narzo (Andina Librianty/Liputan6.com)

Untuk mode Potret, akan membuat foto menghaslkan efek blur pada latar belakang atau yang disebut sebagai bokeh. Efek blur pada foto juga cukup rapi.

Mode Portrait ini bisa digunakan dengan kamera depan dan belakang. Realme juga menyediakan efek beauty, yang bisa disesuaikan sendiri.

Untuk smartphone dengan harga Rp 2 jutaan, kualitas kamera Realme Narzo ini bisa menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk membelinya.

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Kehadiran Realme Narzo menjadi pilihan baru di pasar smartphone dengan harga terjangkau.

Narzo memang bukan perangkat flagship, tapi smartphone ini bisa memenuhi kebutuhan banyak orang, terutama targetnya yaitu anak-anak muda yang menyukai hiburan online seperti menonton video dan bermain gim.

Smartphone ini dijual di Indonesia dengan harga Rp 2.999.000, tapi untuk flash sale Rp 2.799.000. Flash sale Realme Narzo dibuka pada 16 Juni 2020. Jika menginginkan smartphone dengan harga di bawah Rp 3 juta, maka Narzo bisa menjadi pertimbangan.

Spesifikasi

Chipset: MediaTek Helio G90T

Layar: 6,5 inci dengan refresh rate 90Hz

OS: Android 10 dengan UI Realme V1.0

RAM: 4GB

Memori internal: 128GB

Empat kamera belakang: - 8MP 119 ° ultra-wide-angle, kamera utama 48MP, dan dua 2MP yang merupakan lensa potret B&W dan lensa makro

Kamera depan: 16MP Ultra-clear dengan aperture f2.0

Baterai: 4300mAh dan mendukung 30W Flash Charge 

(Din/Isk)