Sukses

Ini Daftar Konsol Gim Paling Laris di Dunia hingga Kini, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dimungkiri, konsol gim merupakan salah satu perangkat teknologi paling laris di dunia sepanjang masa.

Karena itu, banyak yang meyakini konsol gim modern yang ada di pasaran saat ini akan lebih laris diserbu pembeli ketimbang pendahulu mereka.

Dengan beragam judul gim dan cerita yang memikat, wajar bila PlayStation 4 (PS4), Nintendo Switch, dan Xbox One sudah hadir di jutaan rumah di berbagai negara di dunia.

Namun, berdasarkan data terkini menunjukkan baik PS4, Xbox One, atau Nintendo Switch bukanlah konsol terlaris di dunia.

Dikutip dari laporan LearnBonds.com, Kamis (28/5/2020), angka penjualan konsol gim generasi saat ini masih belum mampu melampaui produk pendahulunya yang ikonik.

Seperti yang terpampang di situs web tersebut, terlihat dengan jelas peringkat setiap konsol gim dari paling sukses hingga paling kecil angka penjualannya di pasaran.

Meski bukan hal yang mengejutkan, PlayStation 2 (PS2) masih mendominasi peringkat sebagai konsol gim paling laris di dunia dengan angka 157,68 juta konsol terjual hingga saat ini.

Posisi berikutnya ditempati oleh Nintendo DS dengan 154,9 juta unit terjual di pasaran, dan Game Boy di posisi ketiga dengan 118,69 juta unit.

 

 

2 dari 3 halaman

Jumlah Konsol PS4 yang Terjual

Harga PS4 Pro? (Doc: Engadget)

Sementara itu, konsol PS4 menempati posisi keempat dengan 109,86 juta unit, dan PlayStation pertama di posisi kelima dengan 102,5 juta unit.

Adapun posisi terbawah di dalam daftar menampilkan informsi menarik, dimana sejumlah konsol gim tersebut harus takluk dengan persaingan di industri gim.

Adapun konsol paling bawah ditempati oleh Dreamcast dengan jumlah konsol yang terjual di pasaran hanya mencapai 8,2 juta unit, sementara Sega Saturns di angka 8,82 juta unit.

Di atas mereka berdua dilajutkan dengan Game Gear (10,62 juta unit), dan Wii U yang hanya berhasil menjual 13,97 juta unit konsol di dunia.

 

3 dari 3 halaman

Konsol Nintendo Switch dan Xbox One

Nintendo Switch akan kedatangan 100 gim. (Sumber: Polygon)

Lalu bagaimana dengan Nintendo Switch? Baru dirilis pada 2017, konsol gim hybrid ini mencetak angka penjualaan hingga 55,89 juta unit.

Hal mengejutkan lain adalah angka penjualan konsol gim milik Microsoft. Kurang populer, Xbox One hanya menempati posisi ke-17 dengan angka penjualan sebanyak 47,35 juta unit.

(Ysl/Why)