Sukses

WhatsApp Rilis Stiker Edisi Spesial Ramadan Hasil Kolaborasi Ilustrator Lokal

WhatsApp merilis stiker edisi khusus Ramadan di Indonesia. Kehadiran stiker Ramadan ini merupakan hasil kolaborasi WhatsApp dengan ilustrator lokal.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp merilis stiker edisi khusus Ramadan di Indonesia. Kehadiran stiker Ramadan ini merupakan hasil kolaborasi WhatsApp dengan ilustrator lokal.

Perilisan stiker ini dilakukan oleh WhatsApp lantaran tahun ini Ramadan terasa berbeda dengan penyesuaian yang harus dilakukan di tengah pandemi.

Masyarakat pun diminta untuk berinteraksi secara virtual sehingga tak bisa melakukan hal-hal yang biasa dilakukan saat Ramadan. Misalnya saja buka puasa atau ngabuburit dengan orang-orang terdekat.

Stiker edisi Ramadan ini merupakan salah satu upaya WhatsApp menghubungkan pengguna secara lebih interaktif, meski sedang berada di rumah masing-masing.

Dengan stiker ini pengguna dapat mengekspresikan perasaan mereka yang sulit diungkapkan dengan kata-kata dengan cara yang menyenangkan.

Mulai dari sapaan selamat berbuka puasa hingga sapaan selamat sahur dan Hari Raya Idulfitri. Stiker ini dapat diunduh secara gratis di Google Play.

Stiker WhatsApp edisi spesial Ramadan (Foto: WhatsApp)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerja Sama dengan Ilustrator Lokal

Dalam merilis stiker ini, WhatsApp bekerja sama dengan ilustrator lokal Diela Maharanie.

Diela memiliki ciri khas ilustrasi cerah dan penuh warna. Berbagai karyanya, seperti ilustrasi, gambar, dan lukisan bordir juga pernah tampil di sejumlah pameran di luar negeri.

Perilisan stiker Ramadan ini merupakan kolaborasi pertama WhatsApp dalam menciptakan stiker bertema Ramadan di pasar Indonesia.

Stiker-stiker ini menampilkan tradisi khas Ramadan yang lekat dengan masyarakat Indonesia untuk menghadirkan keseruan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Menurut data WhatsApp, stiker menjadi salah satu cara cepat untuk mengirim pesan dan mengekspresikan diri. Tiap harinya, ada miliaran stiker terkirim melalui WhatsApp.

3 dari 4 halaman

Tetap Terhubung dengan Orang Terdekat

Direktur Komunikasi APAC WhatsApp Sravanthi Dev mengatakan, “Selama pandemi Covid-19, orang-orang semakin aktif menggunakan WhatsApp untuk terhubung dengan keluarga dan teman lebih dari sebelumnya."

Sravanthi mengatakan, pihaknya senang dapat bekerja sama dengan Diela Maharanie untuk menciptakan stiker spesial edisi Ramadan untuk Indonesia.

"Kami berharap pengguna dapat menikmati penggunaan stiker ini agar tetap terhubung dengan orang yang mereka cintai dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan dan Idulfitri bersama dari rumah masing-masing,” kata Sravanthi.

Diela Maharanie, ilustrator yang merancang stiker mengungkapkan kegembiraannya atas kolaborasi spesial ini.

"Harapannya, stiker ini dapat membangkitkan semangat Ramadan dalam periode social distancing (jaga jarak)," kata dia.

Diela juga berharap, agar stiker ini dapat menjadi sebuah alternatif untuk menghapuskan jarak selama berada di rumah dengan orang-orang terdekat.

Stiker ini juga diharapkan bisa menjadi pengingat bahwa kita bersama-sama dalam menghadapi pandemi dan berharap situasi akan segera membaik.

 

4 dari 4 halaman

Cara Pakai Stiker Ramadan

Stiker edisi spesial Ramadan dapat diunduh secara gratis di Google Play.

Setelah mengunduh dan menambahkan koleksi stiker ini ke dalam WhatsApp, Anda dapat menggunakannya dengan membuka chat individu maupun grup, lalu ketuk Emoji > Stiker.

Stiker WhatsApp edisi spesial Ramadan (Foto: WhatsApp)

Kemudian, cari dan ketuk stiker yang ingin Anda kirim! Jika Anda ingin melihat stiker yang baru saja Anda gunakan, Anda dapat mengetuk Terbaru, atau ketuk Favorit jika ingin melihat stiker favorit Anda.

Jangan lupa untuk membagikan stiker favorit Anda di media sosial dengan tagar #PakeStikerWhatsApp ya.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini