Sukses

Google Uji Coba Fitur Baru YouTube di Android

Liputan6.com, Jakarta - Google dilaporkan menyiapkan fitur baru YouTube untuk perangkat berbasis OS Android. Fitur ini akan membuat para pengguna lebih mudah menemukan konten yang disukai dari para pembuat konten.

Dilansir Phone Arena, Jumat (27/12/2019), 9to5Google melaporkan bahwa Google diam-diam telah mulai menguji sebuah fitur bernama "Featured in this video". Fitur ini akan menghasilkan tautan-tautan ke laman dari setiap kreator yang muncul di video.

Google mengungkapkan, tautan tersebut akan berdasarkan pada "serangkaian sinyal" yang kemungkinan akan mencakup algoritma mirip dengan yang mendukung rekomendasi YouTube.

Fitur ini disebut juga akan mempermudah para pembuat konten, karena tidak lagi perlu repot mengatur tautan-tautan di boks penjelasan. Sementara, penonton akan lebih mudah menemukan channel yang mungkin mereka minati.

Fitur ini masih dalam tahap pengujian, sehingga hanya ada beberapa channel yang bisa ikut menjajalnya. Setelah Google mendapatkan respons dan menyempurnakan fitur tersebut, Google diyakini akan merilisnya untuk seluruh pengguna.

2 dari 2 halaman

YouTube Music Hadirkan 3 Playlist Personalisasi Baru

Lebih  lanjut, YouTube Music beberapa waktu lalu mengumumkan kehadiran tiga playlist personalisasi atau mix baru untuk para penggunanya. Tiga playlist itu adalah Discover Mix, New Release Mix, dan Your Mix.

Sesuai namanya, seperti dikutip dari blog resmi YouTube Music, Rabu (18/12/2019), ketiganya akan berisi ragam lagu yang sudah dipersonalisasi sesuai selera tiap pengguna.

"Discover Mix, New Release Mix, dan Your Mix, membantu pengguna tetap mengetahui lagu yang baru saja rilis, termasuk memperkenalkan musisi dan lagu yang lebih luas berdasarkan selera personal," tulis YouTube Music.

Daftar lagu yang ada di ketiga playlist akan diperbarui secara berkala. Nantinya, playlist tersebut akan memakai riwayat lagu dan musisi yang didengar pengguna untuk menciptakan pengalaman lebih unik.

(Din/Isk)