Sukses

Telkomsel Uji Coba Video Call 5G Pakai Smartphone Oppo

Liputan6.com, Batam - Telkomsel baru saja menggelar uji coba teknologi 5G untuk industri di Batam, Kepulauan Riau. Selain menampilkan sejumlah contoh kasus pemanfaatan teknologi 5G untuk industri, Telkomsel juga melakukan uji coba video call melalui teknologi jaringan seluler terbaru itu.

Uji coba ini merupakan yang panggilan video pertama dengan jaringan 5G yang dilakukan di Indonesia. Dalam uji coba ini yang digelar Kamis,(27/11/2019), Telkomsel memanfaatkan perangkat Oppo Reno 5G.

Perlu diketahui, Reno 5G merupakan produk pertama Oppo yang mendukung jaringan 5G. Smartphone ini dipersenjatai chipset Snapdragon 855 yang dipadukan modem X50 sebagai pendukung jaringan 5G.

Adapun uji coba panggilan video ini dilakukan antara petinggi Telkomsel bersama Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kemkominfo, Ismail dengan President Director Ericcson Indonesia, Jerry Soper.

Selain melakukan uji coba panggilan video, sempat dilakukan pula penghitungan kecepatan internet jaringan 5G. Hasilnya, kecepatan download-nya mencapai sekitar 1GB, sedangkan upload-nya di kisaran 70Mbps.

 

2 dari 2 halaman

Dua Kali Uji 5G

Untuk informasi, uji coba 5G yang dilakukan Telkomsel di Batam ini merupakan kali kedua. Sebelumnya, operator yang identik dengan warna merah itu melakukannya di ajang Asian Games.

Lewat uji coba kali ini, Telkomsel ingin melihat pemanfaatan 5G secara nyata yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas serta efisiensi operasional segmen industri.

Dalam uji coba ini, Telkomsel berkerja sama dengan Ericsson. Beberapa contoh kasus pemanfaatan 5G yang diangkat Telkomsel, seperti smart surveillance, future city planning, immersive entertainment, seamless gaming, smart air patrol, hingga industry 4.0 enabler.

(Dam/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Harus Segera Tentukan Frekuensi 5G
Artikel Selanjutnya
Pengamat: Implementasi 5G di Indonesia Adalah Keniscayaan