Sukses

Telkomsel Pamer Kemampuan 5G di Batam

Liputan6.com, Batam - Telkomsel kembali menggelar uji coba jaringan teknologi 5G. Sebelumnya, operator yang identik dengan warna merah tersebut melakukannya saat ajang Asian Games 2018.

Adapun uji coba kali ini dilakukan di Batam, Kepulauan Riau. Dalam uji coba ini Telkomsel menunjukkan sejumlah kemampuan teknologi jaringan 5G untuk mendukung kebutuhan industri.

"Uji coba kali ini dilakukan dalam sejumlah kasus untuk menunjukkan hal yang mungkin dilakukan pada industri berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI)," tutur Acting CEO Telkomsel Heri Supriadi saat konferensi pers di Batam, Kamis (27/11/2019).

Lebih lanjut dia mengatakan, pemanfaatan 5G secara nyata nantinya dapat meningkatkan produktivitas serta efisiensi operasional segmen industri. Tidak hanya itu, pemanfaatan ini juga dapat memperkuat daya saing bangsa.

Turut hadir dalam uji coba ini adalah Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kemkominfo, Ismail.

Dia mengatakan dengan dilakukannya uji coba lewat beberapa kasus seperti ini dapat menujukkan pada masyarakat mengenai kemampuan teknologi 5G.

"Dengan tsunami teknologi ini, kita harus bersiap diri menjadi tuan rumah dalam implementasi 5G sehingga teknologi ini dapat memberikan manfaat yang maksimal, tidak hanya untuk perusahaan tapi juga untuk masyarakat dan perekonomian nasional," tuturnya.

 

2 dari 2 halaman

Dukung Industri 4.0

Lewat uji coba ini, Telkomsel sekaligus ingin menunjukkan komitmennya untuk segmen business to business maupun business to customer. Terlebih, para pelaku industri yang membutuhkan teknologi jaringan untuk mendukung program Industri 4.0.

Dalam uji coba ini yang bekerja sama dengan Ericsson ini, Telkomsel menunjukkan pemanfaatan 5G untuk sejumlah kasus, seperti smart surveillance, future city planning, immersive entertainment, seamless gaming, smart air patrol, hingga industry 4.0 enabler.

Meski saat ini uji coba 5G baru digelar di Batam, Telkomsel memiliki rencana untuk melakukan hal serupa di beberapa kota di Indonesia. Harapannya, pemanfaatan 5G dapat mengakselerasi ekosistem digital di Tanah Air.

(Dam/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Harus Segera Tentukan Frekuensi 5G
Artikel Selanjutnya
Pengamat: Implementasi 5G di Indonesia Adalah Keniscayaan