Sukses

Oppo ColorOS 7 Kini Lebih Modern dan Intuitif

Liputan6.com, Jakarta - Oppo baru saja meluncurkan sistem operasi terbaru ColorOS 7 di New Delhi, India. Membawa slogan "Smooth and Delightful", ColorOS7 tampil lebih modern dengan berbagai solusi sebuah sistem operasi yang pengguna butuhkan.

"Oppo berusaha mengoptimalkan ColorOS secara komprehensif, untuk membuatnya lebih cepat dan lebih lancar untuk lebih dari 300 juta pengguna kami di seluruh dunia," ujar Martin Liu, Senior Strategy Manager of Oppo ColorOS dalam keterangannya, Rabu (27/11/2019).

Pembaruan ini, lanjut Martin, selain menata ulang desain sistem ColorOS, juga "meningkatkan pengalaman audio visual dan gaming."

ColorOS 7 telah mengadopsi pendekatan visual modern dengan antarmuka pengguna lebih sederhana. Dengan demikian, pengguna lebih fokus pada konten yang ia lihat.

Selain kustomisasi ikon pada sistem operasi ini, terdapat Dark Mode yang memberikan pengalaman membaca lebih baik dalam kondisi cahaya apa pun. Dark Mode, lanjut Oppo, secara signifikan juga dapat mengurangi konsumsi daya baterai.

Oppo menyebut ColorOS 7 bersifat lebih intuitif. Hal itu antara lain ditemukan pada alarm adaptif berbasis cuaca yang secara otomatis akan menyesuaikan suara alarm dengan cuaca sekitar. Pengguna juga akan menemukan berbagai pilhan wallpaper dinamis yang dapat berubah-ubah.

Sementara itu, desain haptic ditingkatkan untuk pengalaman sentuhan lebih realistis dan juga pengembangan suara respons sentuhan lebih baik.

2 dari 3 halaman

Gandeng perusahaan desain audio Denmark

Tim ColorOS juga menggandeng perusahaan desain audio Denmark, Epic Sound, untuk meningkatkan sistem suara. Efek suara baru pada nada dering, notifikasi dan kontrol sistem yang terinspirasi oleh alam memberikan pengalaman audio lebih nyaman ketika didengarkan.

Menggunakan konsep UI-First, tim ColorOS juga mengembangkan oFas, oMem dan oSense untuk memastikan pengalaman sistem operasi lancar dan cepat. oFas merupakan mekanisme preload cache, yang membuat aplikasi dapat memulai dan membuka lebih cepat dari sebelumnya.

Sementara itu, oMem akan melakukan adaptasi dengan kebiasaan pengguna dan mengalokasikan sumber daya sistem secara tepat dan efisien.

Melalui teknologi ini, pemanfaatan RAM ditingkatkan sebesar 40 persen. Respons sistem diklaim tetap mengalami peningkatan hingga 30 persen, meski beberapa aplikasi berjalan bersamaan.

Adapun oSense merupakan mekanisme yang mengoptimalkan respons sentuhan dan kecepatan frame, yang menjajikan pengalamn bermain gim lebih mulus. Respons sentuhan akan meningkat hingga 21,6 persen dan frame rate meninggkat 38 persen, ketika pengguna memainkan gim pertempuran intens.

3 dari 3 halaman

SOLOOP

Terakhir, Oppo juga menyematkan aplikasi SOLOOP pada ColorOS7. Aplikasi ini merupakan editor video milik Oppo, yang menyederhanakan keseluruhan proses penyuntingan video. Hal itu membuat pengguna pemula dapat membuat konten video.

ColorOS 7 akan diluncurkan pada 20 lebih model perangkat, meliputi seri Reno, Find, F, K, dan A pada wilayah Tiongkok, Asia Selatan, Asia Tenggara, Eropa, Asia-Pasifik, dan Timur Tengah. Terhitung mulai 26 November, pengguna Reno dan Reno 10x Zoom dapat merasakan terlebih dahulu versi uji coba sistem operasi terbaru ini.

(Why/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Adobe Gulirkan Versi Pratinjau Photoshop Camera untuk Android
Artikel Selanjutnya
Ini Deretan Vendor yang Bakal Rilis Smartphone 5G dengan Chipset Snapdragon