Sukses

Cara Aktifkan Mode Gelap di WhatsApp

Meskipun fitur mode gelap belum resmi dirilis WhatsApp, kamu bisa mengakali dengan cara berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Fitur dark mode atau mode gelap akan segera hadir di WhatsApp. Rencana WhatsApp untuk menggulirkan mode gelap sebenarnya sudah diketahui sejak lama, tapi hingga saat ini belum diterapkan.

Namun kabar terbaru dari WABetainfo menyebut WhatsApp akan menggulirkan fitur ini dalam waktu dekat.

Meskipun fitur mode gelap belum resmi dirilis WhatsApp, kamu bisa mengakali dengan cara berikut.

Buka Setting/Pengaturan, lalu tekan Obrolan/Chat > Wallpaper > Solid Color/Warna Solid.

Cara Aktifkan Mode Gelap di WhatsApp

Selanjutnya gulir ke bawah untuk memilih warna gelap diikuti dengan mengetuk Set/Atur untuk menerapkan wallpaper gelap ke layar obrolan.

Kamu juga bisa memilih untuk menggunakan gambar gelap di WhatsApp yang disesuaikan hanya dengan menyimpannya ke galeri kamera dan memilih dari opsi Photos dari halaman Wallpaper.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dua Jenis Mode Gelap

WhatsApp akan memiliki dua tipe mode gelap. Perbedaan ini terletak pada penggunaan latar belakang saat pengguna mengaktifkan dark mode.

Untuk tipe pertama, WhatsApp menggunakan dark mode dengan latar belakang abu-abu dan warna hitam untuk menu termasuk bagian lain aplikasi. Sementara opsi dua, latar belakang hadir dengan warna jet black dan abu-abu muda untuk opsi menu.

Opsi kedua ini disebut akan lebih populer untuk pengguna dengan layar OLED, sebab dengan pengaturan dark mode semacam ini mampu menghemat penggunaan baterai.

Selain kedua opsi tersebut, WhatsApp dilaporkan juga memiliki opsi ketiga, yakni penggunaan warna biru gelap. Kendati demikian, belum dapat dipastikan anak perusahaan Facebook ini akan merilis ketiga opsi ini atau salah satunya.

Pendekatan serupa sebenarnya juga sempat dilakukan oleh Twitter. Awalnya, Twitter menggunakan latar belakang abu-abu untuk dark mode, tapi selanjutnya dihadirkan pula dengan latar belakang hitam untuk menghemat daya baterai.

3 dari 5 halaman

Cara Cegah Orang Masukkan Kamu ke Grup WhatsApp

WhatsApp kini memungkinkan kamu untuk mencegah orang lain memasukkan kamu ke grup tanpa izin.

Dengan demikian, orang tak bisa sembarangan memasukkan kamu dalam sebuah grup WhatsApp.

Fitur ini terdapat dalam pengaturan privasi terbaru untuk grup chat. Untuk mengaktifkan fitur baru WhatsApp ini, kamu bisa membuka Pengaturan atau Setting dalam aplikasi.

Selanjutnya, ketuk Akun > Privasi > Grup dan pilih salah satu dari ketiga opsi yang disediakan.

Tiga opsi pada WhatsApp tersebut antara lain adalah Semua Orang (Everyone), Kontak Saya (My Contact), atau Kontak Saya Kecuali (My Contact Except).

 

4 dari 5 halaman

Penjelasan Ketiga Opsi

Jika kamu memilih opsi 'Semua Orang', artinya semua pengguna WhatsApp (tanpa terkecuali) boleh memasukkan nomor kita ke grup mana pun.

Kemudian, jika kamu memilih opsi 'Kontak Saya' berarti hanya pengguna yang terdaftar dalam kontak kamu yang dapat menambahkan ke dalam grup.

Sementara, opsi 'Kontak Saya Kecuali' menawarkan pengaturan tambahan untuk memilah siapa saja dalam daftar kontak yang dapat menambahkan kamu ke dalam grup chat.

 

5 dari 5 halaman

Waktu Tiga Hari

Nantinya, admin yang tidak dapat menambahkan kamu ke dalam grup akan diminta untuk mengirimkan undangan pribadi melalui chat individual, yang memberikan kamu pilihan apakah berminat untuk bergabung ke dalam grup atau tidak.

Kamu juga diberi kesempatan untuk memutuskan, apakah mau menerima undangan tersebut atau tidak, dalam waktu tiga hari sebelum batas waktu berakhir.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini