Sukses

Google Bakal Mungkinkan Pencarian dengan Hasil Screenshot

Artinya, hanya berbekal screenshot, pengguna bisa melakukan pencarian di Google Search.

Liputan6.com, Jakarta - Google kemungkinan bakal menghadirkan pencarian berbasis screenshot. Artinya, hanya berbekal screenshot, pengguna bisa melakukan pencarian di Google Search.

Hal ini dimungkinkan karena Google menghadirkan dua fitur yang berkaitan dengan layar mobile, yakni "Edit and Share Screenshot" serta fitur yang memiliki dukungan AI "What's on My Screen."

Mengutip laman Engadget, Selasa (17/9/2019), Google juga nantinya punya sebuah fitur bernama "Smart Screenshot". Fitur ini akan hadir pada aplikasi Google terbaru yakni versi Google 10.61.

Versi terbaru Google ini menampilkan bilah tools yang diperbarui ketika pengguna mengambil screenshot.

Seperti sebelumnya, pengguna bisa mengubah, berbagi, dan opsi untuk menggunakan aplikasi favorit untuk mengirim foto. Namun, ada opsi baru yang bisa dilakukan saat pencarian, yakni Lens.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencarian dengan Screenshot

Dengan memilih opsi Lens, pengguna bisa melakukan sebuah pencarian dengan hasil screenshot, memakai optical character recognition (OCR), atau menemukan items yang sama dengan yang dicari.

Belum jelas apakah fungsi baru dari Lens ini bisa digunakan untuk semua tangkapan layar atau hanya screenshot dari layar yang diambil di Google Search.

Namun, kemungkinan kemampuan ini akan menjadi pengganti bagi pencarian dari hasil screenshot dengan cara yang sama seperti yang diambil alih Lens dari fungsi Google Assistant lainnya.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.