Sukses

Tips Menambahkan Subtitle di YouTube

Liputan6.com, Jakarta - Apa kamu suka membuat video di YouTube? Atau kamu baru akan mencoba membuat konten di aplikasi tersebut?

Ya, akhir-akhir ini banyak orang yang membuat video pada akun YouTube-nya. Beragam macam konten sepertinya bisa ditemukan di dalam platform berbagi video milik Google tersebut.

Tidak perlu panik jika kamu ingin membuat konten berbahasa Inggris dengan subtitles di dalamnya.

Bagaimana caranya? Berikut Tekno Liputan6.com rangkum melalui laman Premium Beat, Kamis (1/8/2019).

Cara pertama yang harus dilakukan jika ingin menambahkan teks dalam video adalah membuka akun YouTube milikmu, lalu klik Video Manager.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Langkah Selanjutnya

Langkah selanjutnya, temukan video yang ingin ditambahkan subtitle dan klik ikon segitiga terbalik di samping kata Edit.

Kemudian klik Subtitles/CC, pilih bahasa yang ingin kamu gunakan dalam video. Setelah itu, jika sudah dipilih, klik Add Subtitles/CC untuk menambahkan bahasanya.

Berikutnya, akan muncul tiga opsi dalam layar untuk penambahan subtitle. Ketiga opsi tersebut di antaranya Unggah File, Transkripsikan dan sinkron otomatis, serta Buat subtitle/CC baru.

 

3 dari 3 halaman

Tentukan Posisi Penempatan Subtitle

Untuk menambahkan subtitle dalam video, pilih Buat subtitle/CC baru, dan tentukan posisi penempatan subtitle.

Kemudian ketikkan kata-kata atau kalimat yang ingin ditambahkan, terakhir klik tombol plus (+) yang ada dalam layar.

Ulangi proses ini untuk semua kata yang diucapkan dalam video. Jika dirasa sudah cukup, klik Submit untuk menyelesaikan semuanya.

(Linda Fahira Putri/Isk)

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS