Sukses

Instagram Permak Fitur Explore, Kini Tampilkan Stories dan IGTV

Liputan6.com, Jakarta - Instagram kembali memermak aplikasinya. Kali ini, aplikasi milik Facebook tersebut mengubah tampilan dari tab Explore.

Dikutip dari Engadget, Sabtu (18/5/2019), salah satu perubahan yang terlihat ada di navigation bar. Kini, pengguna dapat mengakses lebih cepat sejumlah tab dan fitur yang ada di explore.

Hal baru yang dapat dilihat adalah kehadiran tab IGTV dan Shop. Dua tab anyar itu menambah jajaran tab sebelumnya yang dibagi berdasarkan kategori unggahan.

Tidak hanya itu, Instagram juga akan menambahkan unggahan di Stories untuk masuk dalam tab Explore. Namun, fitur ini baru akan tersedia dalam beberapa minggu ke depan.

"Hari ini, kami mengumumkan desain baru di Explore, menghadirkan cara baru untuk kamu menemukan foto, video, produk, dan Stories yang relevan dengan ketertarikanmu," tulis Instagram dalam pernyataannya.

Menurut Instagram, perubahan ini merupakan langkah penting bagi fitur Explore. Sebab, fitur ini sudah digunakan lebih dari 50 persen akun Instagram setiap bulan.

Di samping itu, hadirnya Stories di Explore tidak lepas dari pamor layanan tersebut. Untuk diketahui, Stories sudah digunakan lebih dari 500 juta orang di Instagram, sehingga wajar layanan itu terus didorong penggunaannya.

2 dari 3 halaman

Instagram Hadirkan Filter dan GIF Bertema Ramadan

Sebelumnya, Instagram meluncurkan filter dan GIF bertema Ramadan di Instagram Story untuk pengguna di seluruh dunia.

Ini merupakan filter dan GIF Instagram pertama yang bertema Ramadan.

Filter dan GIF bertema Ramadan ini dirilis untuk menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri. Pasalnya, Instagram menjadi salah satu media untuk mengekspresikan diri, berbagi cerita, dan berinteraksi dengan orang-orang terdekat.

Mengutip keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (6/5/2019), filter untuk Ramadan yang ada di Instagram Stories bernama "Lantern".

Lantern bisa ditemukan di bagian filter Instagram Stories mulai tanggal 5 Mei hingga 5 Juni 2019.

"Lantern menampilkan ornamen bulan sabit bokeh dan menawarkan pilihan desain saat diketuk," tutur dalam keterangannya.

Untuk melihat pilihan desain yang ditawarkan, pengguna hanya tinggal mengetuk bagian tengah layar.

3 dari 3 halaman

Kerja Sama dengan Lima Kreator

Khusus untuk pengguna di Indonesia, Instagram berkolaborasi dengan lima kreator Indonesia untuk menciptakan stiker GIF berisi pesan singkat.

Pengguna bisa membagikan momen-momen penting di bulan Ramadan ini. Misalnya saat sahur, ngabuburit, buka puasa, selamat Lebaran, hingga ucapan 'Mohon Maaf Lahir dan Batin.'

Adapun lima kreator Indonesia yang bekerja sama dengan Instagram antara lain adalah the popo, byputi, Dinda Puspitasari, Irfan Nugroho atau bulletos, dan Haikal.

Untuk menemukan stiker-stiker GIF bertema Ramadhan ini, Anda tinggal mengetik “Ramadhan Instagram” pada kolom pencarian GIF di Instagram Stories.

Communication Manager Instagram Asia-Pasific Putri Silalahi mengatakan, Ramadan merupakan momen spesial yang mendorong interaksi tinggi di antara pengguna Instagram di Indonesia.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Sakit Komplikasi, Grumpy Cat Si Selebgram Kucing Berwajah Galak Mati
Artikel Selanjutnya
Remaja Bunuh Diri Gara-Gara Fitur Polling di Instagram