Sukses

Menkominfo: 214 Ribu Sekolah di Indonesia Harus Terhubung ke Internet

Pemerintah tidak akan membuat regulasi menyulitkan bagi pengembangan teknologi terutama teknik informasi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengatakan tahun ini merupakan tahun ke 74 Indonesia merdeka dari penjajah. Namun pada kenyataanya, koneksi internet di Tanah Air belum memadai.

Oleh karena itu, dia mengungkapkan pemerintah akan memberi fasilitas infrastruktur dimulai dari sektor pendidikan, yaitu di sekolah-sekolah.

"Ke depan, 214 ribu sekolah yang ada di Indonesia harus terhubung dengan internet," kata dia dalam acara "Deklarasi Gerakan Smart Citizen", di The Tribrata, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

"Kita harus berbuat sesuatu terhadap proses pendidikan. Saat ini, 93 ribu sekolah belum terhubung dengan internet," dia menambahkan.

Rudiantara melanjutkan, pemerintah tidak akan membuat regulasi menyulitkan bagi pengembangan teknologi, terutama teknik informasi di Indonesia.

Fungsi pemerintah dalam kemajuan teknologi adalah menjadi fasilitator yang memudahkan masyasrakat untuk berkreasi dengan teknologi digital dan informasi.

"Pemerintah seharusnya tidak lagi membuat peraturan terlalu banyak. Pemerintah seharusnya menjadi fasilitator bagi masyarakat yang (ingin) mengembangkan teknologi informasi," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Menkominfo

Namun, dia berpesan jika teknologi internet telah memadai, hendaknya digunakan untuk hal-hal yang positif. Jangan sampai digunakan untuk hal yang berbau kriminal atau kejahatan.

"Gaya hidup sudah berubah. Sekarang orang punya ponsel dan belanja daring. Jangan hanya sebagai pengguna, kita berharap supaya bisa menjadi entrepreneur. Memanfaatkan teknologi digital. Lebih baik minta maaf daripada minta izin (terkait pengembangan teknologi informasi), asal tidak melakukan tindak kriminal," ucapnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu Achmud

Sumber: Merdeka.com

(Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.