Sukses

7 Fungsi Google Drive, Tak Hanya Sekadar Menyimpan File

Liputan6.com, Jakarta Saat ini siapa yang tak mengenal Google? Perusahaan multinasional asal Amerika Serikat ini tak hanya fokus pada mesin pencari, namun makin melebarkan sayapnya ke berbagai layanan teknologi lainnya.

Salah satu produk dari Google yang cukup populer saat ini adalah Google Drive. Google Drive sendiri merupakan layanan penyimpanan file berbasis online yang diluncurkan pada 24 April 2012.

Google Drive ini otomatis akan tersinkronisasi dengan layanan Google lainnya seperti Gmail, Hangouts, Google Photos, dan lain sebagainya. Bahkan WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk membackup seluruh data pada akunnya di Google Drive ini.

Google Drive memudahkan penggunanya untuk menyimpan file dengan berbagai jenis dan ukuran melalui internet dengan akun Gmail yang dimiliki. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 15 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu.

Fungsi Google Drive sendiri cukup beragam mulai dari menyimpan file, berbagi file, hingga membackup file dalam jumlah besar. Fungsi Google Drive ini rupanya juga sudah mulai menggeser peran penyimpanan fisik seperti harrdisk atau flashdisk. Nah, apa saja fungsi Google Drive lainnya?

Berikut fungsi Google Drive yang berhasil liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis(21/3/2019).

2 dari 8 halaman

Menyimpan File

Fungsi Google Drive yang pertama adalah tempat untuk menyimpan berbagai file penggunanya. Google Drive dapat menyimpan file bahkan yang bersifat pribadi sekalipun seperti ijazah atau sertifikat, keamanan yang ditawarkan Google terjamin kerahasiaannya.

Foto, video, presentasi, PDF – bahkan file Microsoft Office. Apa pun jenis filenya, semuanya dapat disimpan dengan aman di Drive.

Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Anda dapat memperluasnya lagi dengan fitur yang dinamakan Google One. Dengan Google One Anda dapat memiliki penyimpanan berbasis cloud dari ukuran 100 GB hingga 30 TB. Harganya mulai dari Rp 26.900/bulan hingga Rp 3.900.000/bulan.

3 dari 8 halaman

Berbagi File

Selain menyimpan file secara pribadi, fungsi Google Drive lainnya adalah dapat berbagi file dalam ukuran besar sekaligus dengan orang-orang tertentu.

Anda dapat mengundang orang lain dengan cepat untuk melihat, memberi komentar, dan mengedit file atau folder yang Anda pilih. Ini adalah kolaborasi online yang membuat segalanya lebih mudah.

Anda cukup mengunggahnya ke Google Drive Anda, lalu membagikannya lewat tautan atau link yang telah disediakan oleh Google.

4 dari 8 halaman

Mengedit File

Fungsi Google Drive satu ini tak banyak diketahui orang. Dengan Google Drive, Anda dapat mengedit file seperti Word, Excel, atau Power Point. Hasil pengeditan akan langsung tersimpan pada Google Drive Anda. Selain itu Anda juga dapat membuat file atau lembar kerja baru melalui Google Drive ini. 

Tak hanya melalui komputer, Anda dapat menggunakan fitur ini melalui ponsel Android Anda. Dan Anda dapat mengaksesnya secara gratis kapanpun dan dimanapun. 

5 dari 8 halaman

Backup File

Apa jadinya jika perangkat komputer atau ponsel Anda rusak sehingga harus direset ulang, sementara data yang ada di dalamnya belum terbackup di flashdisk atau harddisk? Atau ketika Anda sudah membackupnya di penyimpanan fisik namun penyimpanan tersebut terserang virus.

Hal ini pasti akan membuat Anda kesal dan sedih sekaligus. Dengan Google Drive Anda dapat membackup semua dokumen yang ada di perangkat komputer dan ponsel Anda tanpa menggunakan penyimpanan fisik yang biasanya juga sering terkena virus.

6 dari 8 halaman

Membuat Catatan dari Google Keep

Untuk mencatat sesuatu yang penting, Anda tidak perlu mengandalkan aplikasi yang terinstal di komputer atau ponsel. Google Drive dapat menyimpan catatan Anda dengan menggunakan Google Keep.

Google Keep dapat terintegrasi dengan Google Drive yang memungkinkan menyimpan seluruh catatan yang Anda buat. Tak perlu lagi aplikasi pencatat atau mencatat sesuatu secara manual dengan kertas.

7 dari 8 halaman

Menyimpan Link

Ada saat dimana Anda sedang melakukan kegiatan browsing di internet dan ingin menyimpan link sebuah situs untuk dibaca kemudian hari. Anda tak perlu repot untuk mengcopy pastenya di catatan. Google Drive dapat menyimpan link situs tersebut.

Anda cukup memasang ekstensi Google Drive yang ada di Google Chrome Anda. Anda hanya perlu klik ikon segitiga yang berada pada browser untuk menyimpan link yang dibuka saat itu. Atau jika link tersebut berada pada tengah halaman, Anda bisa menyimpannya dengan cara klik kanan pada link, kemudian pilih 'Save Link to Google Drive'.

8 dari 8 halaman

Backup Chat WhatsApp

Fungsi Google Drive lainnya adalah untuk mencadangkan chat dan media WhatsApp ke Google Drive. Jadi saat Anda berganti ponsel terutama Android baru, riwayat chat dan media tidak akan hilang karena sudah ditransfer melalui Google Drive.

Cara membuat backup WhatsApp di Google Drive adalah dengan Ketuk Menu > Setelan > Chat > Cadangan chat. Ketuk Cadangkan ke Google Drive dan pilih frekuensi cadangan selain Jangan pernah.

Pilih akun Google yang akan digunakan untuk mencadangkan riwayat chat Anda. Jika Anda tidak memiliki akun Google yang terhubung, ketuk Tambahkan akun ketika diminta dan masukkan informasi Anda. Ingatlah terus akun Google yang Anda gunakan untuk membuat cadangan.

Ketuk Cadangkan lewat untuk memilih jaringan yang ingin Anda gunakan untuk melakukan pencadangan. Anda bisa menggunakan jaringan WiFi jika data yang dicadangkan berukuran besar.