Sukses

Toilet Stasiun Ruang Angkasa Bocor, Ini Penyebabnya

Tidak sengaja melepas sambungan sistem air, kru stasiun luar angkasa internasional (ISS) terpaksa harus memperbaiki toilet yang bocor.

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan para astronot di luar angkasa memang sangat menarik untuk diikuti. Salah satu hal tersebut adalah ketika toilet di stasiun ruang angkasa mengalami kebocoran.

Kamu pun dapat membayangkan bagaimana repotnya ruang tanpa gravitasi tersebut ketumpahan air.

Dilansir dari CTV News, Jumat (8/2/2019), kru stasiun luar angkasa internasional harus memperbaiki toilet yang bocor karena tidak sengaja melepas sambungan sistem air ketika memperbarui toilet di bagian stasiun luar angkasa tersebut.

Sekitar 9,5 liter air bocor selama insiden tersebut. Para astronot pun harus bekerja ekstra untuk membereskannya dengan menggunakan handuk.

"Pusat kendali di Houston mampu mengindentifikasi dan mengisolasi di titik mana kebocorannya. Dengan cepat astronot menyambung kembali sambungan dengan menggunakan handuk," ungkap juru bicara NASA, Gary Jordan.

Jordan mengatakan, kebocoran itu dihentikan dengan cepat sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada sistem modul elektronik di stasiun.

Ini bukan pertama kalinya stasiun ruang angkasa mengalami masalah dengan toiletnya. Pada 2009, salah satu dari dua toilet di stasiun ruang angkasa internasional tidak berfungsi setelah pemisah pompanya kebanjiran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Intip Foto Selfie Robot NASA di Atas Permukaan Mars

Rover Curiosity milik NASA saat ini sedang menjalani ekspedisi di permukaan planet Mars (Foto: NASA).

Baru-baru ini, Curiosity, robot rover NASA mengambil foto selfie di Planet Mars. Foto selfie tersebut menandakan kelanjutan eksplorasi Curiosity untuk menjelajah wilayah Mars lebih jauh.

Foto selfie Curiosity dibagikan oleh Jet Propulsion Laboratory (JPL) milik NASA.

Foto ini diambil di wilayah Vera Rubin Ridge pada 15 Januari 2019, yang mana daerah tersebut menjadi tempat persinggahan Curiosity selama lebih satu tahun di Mars.

Robot tersebut menggunakan kamera Mars Hand Lens Imager (MAHLI) untuk mengambil foto selfie.

Ada sekitar 57 rangkaian foto yang dikumpulkan bersama menjadi satu foto selfie. Simak fotonya di cuitan berikut ini sebagaimana dikutip Mashable, Jumat (1/2/2019).

(Surya Handika R/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.