Sukses

Facebook Bantah Jadi Biang Kerok Mining Data di 10YearChallenge

Beredar kabar #10yearschallenge merupakan cara Facebook untuk diam-diam menambang data guna meningkatkan algoritma pengenalan wajah.

Liputan6.com, Jakarta - Internet, khususnya Facebook dan Instagram beberapa hari ini tengah ramai dengan unggahan dan tagar #10yearchallenge.

Unggahan ini menyandingkan foto terbaru pengguna yang dijepret tahun 2019 dan foto dari 10 tahun lalu. Hal ini dimaksudkan untuk membuat pengguna bernostalgia dengan momen lama mereka.

Saking banyaknya unggahan foto dengan tagar itu, sampai beredar kabar yang menyebut #10yearchallenge merupakan cara Facebook untuk diam-diam menambang data guna meningkatkan algoritma pengenalan wajahnya.

Seorang profesor di NYU Stern School of Business Amy Webb mengatakan, tantangan (challenge) tersebut merupakan upaya sempurna untuk membantu pembelajaran machine learning.

"Ini memberi kesempatan menakutkan bagi Facebook untuk belajar, melatih sistem mereka untuk lebih mengenali perubahan kecil dalam penampilan pengguna," kata Webb, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari CBS News, Kamis (17/1/2019).

Facebook pun mengeluarkan pernyataan yang menyebut, mereka tak memiliki peran apapun dalam memulai tantangan foto 10yearchallenge ini. Facebook juga melihat tidak ada keuntungan terhadap hal ini bagi mereka.

"Tantangan 10yearchallenge ini merupakan meme yang dibuat oleh pengguna dan kemudian viral dengan sendirinya. Facebok tidak memulai tren ini, meme ini menggunakan foto yang sebelumnya memang sudah ada di Facebook," kata Facebook dalam pernyataannya.

Facebook juga menyebutkan, pihaknya tidak mendapatkan apapun dari meme tantangan 10yearchallenge ini.

"Facebook tidak mendapatkan apapun dari hal ini, selain hanya mengingatkan kita tentang tren di tahun 2009. Sebagai pengingat, pengguna Facebook bisa memilih untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pengenalan wajah kapan pun," kata Facebook.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

10 Year Challenge

10 year challenge menjadi viral sejak minggu lalu di Facebook, Instagram (yang dimiliki oleh Facebook), dan Twitter.

Jutaan orang telah berpartisipasi dalam tantangan ini. Bahkan, tantangan tersebut menghasilkan 5,2 juta engagement di Facebook hanya dalam waktu tiga hari, menurut alat pemantauan media sosial Talkwalker.

Itu mirip dengan tantangan Bird Box dan kolase best nine foto Instagram yang paling banyak mendapatkan like dalam satu tahun terakhir.

3 dari 3 halaman

Timbulkan Spekulasi

Spekulasi tentang meme ini pun berkobar setelah penulis Wired, Kate O'Neill menerbitkan tulisan yang menyebut tantangan ini bukan sekadar kesenangan yang tidak membahayakan.

O'Neill menunjukkan bahwa tantangan viral ini telah mengisi Facebook dengan foto-foto pengguna yang diambil dalam jangka waktu tertentu.

Dengan hal tersebut, jejaring sosial tersebut dianggap lebih mudah untuk menganalisa foto dari tahun-tahun yang telah diunggah pengguna tanpa urutan tertentu.

Tantangan ini juga berguna untuk mencoba teknologi yang menangkap bagaimana tampilan dan bagaimana mereka menua.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.