Sukses

Kisah Siri Selamatkan Nyawa Pria yang Terjebak di Gurun Pasir

Liputan6.com, Jakarta - Kisah Siri, asisten virtual besutan Apple, yang dilaporkan telah menyelamatkan nyawa seseorang kembali terjadi. Kali ini, peristiwa dilaporkan berlokasi di Nevada, Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari Phone Arena, Senin (14/1/2019), peristiwa ini dialami oleh seorang pria bernama Nate Felix, yang mengalami kecelakaan pada 7 Desember 2018. Ketika itu, dia sedang berkendara di gurun pasir Nevada.

Saat sedang berkendara, jeep yang dikendarainya tergelincir dan membuatnya terjebak.

Felix yang berupaya untuk keluar mengalami kesulitan karena dua tulang belakangnya patah sehingga dia tidak dapat bergerak leluasa.

Dalam kondisi tersebut, Felix lantas berupaya mencari iPhone miliknya untuk mencari pertolongan.

Mengingat dia tidak dapat menemukan smartphone tersebut, dia pun memanggil Siri untuk melakukan panggilan ke sejumlah orang.

Sayang, dalam sejumlah panggilan yang dilakukan, tidak ada yang menjawab. Akhirnya, dia meminta Siri untuk menghubungi 911 dan mendapat respon. Setelahnya, tim penyelamat datang ke lokasi kejadian.

Usai tim penyelamat datang, Felix segera dibawa ke rumah sakit dan keluar setelah empat hari kemudian. Meski kini harus duduk di kursi roda, Felix mengaku sangat beruntung masih bisa hidup.

Alasannya, andaikan Siri tidak dapat menghubungi layanan darurat, Felix dapat saja baruk diketemukan beberapa hari kemudian. Hal itu tentu mengancam nyawanya mengingat suhu gurun pasir Nevada yang sangat dingin di saat malam.

"Jika dia masih berada di luar sana, dia dapat dengan mudah terkena hipotermia," tutur anggota penyelamat Kapten James Perry.

Ini sebenarnya bukan kali pertama Siri dipakai untuk menyelamatkan nyawa seseorang, tahun lalu peristiwa serupa pernah terjadi.

2 dari 3 halaman

Pintar, Bocah 4 Tahun Pakai Siri untuk Selamatkan Ibu

Sekadar informasi, saat itu Siri digunakan seorang anak 4 tahun untuk membantu menolong ibunya yang pingsan.

Sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Kamis (20/12/2018), bocah bernama Beau Austin ini, memerintah Siri dengan suaranya untuk menghubungi kontak bantuan 999, guna membantu ibunya.

Ibu Austin pingsan karena efek samping pengobatan yang dilakukannya.

Oleh Austin, Siri diminta menghubungi 999. Kemudian, dia mengatakan kepada operator kalau ibunya sedang sakit dan hanya berdua di rumah.

Sebenarnya, Austin memang sudah biasa menggunakan asisten pintar seperti Alexa dan Siriuntuk berbagai hal. Tak heran, cara dia meminta batuan pada Siri pun sangat alami.

Ibu Austin pun sempat tersadar dari pingsannya. Dia juga sempat memberikan alamat rumah sebelum pingsan lagi.

3 dari 3 halaman

Berkat TV

Menurut petugas bantuan Ashley Page, pihaknya memang dilatih untuk bicara dengan penelpon yang meminta bantuan atas kasus darurat.

"Dan Beau sangat paham dengan teknologi, tahu alamat, dan tetap tenang, sehingga bisa membantu kami dan ibunya dengan baik," katanya.

Sang ibu juga sangat bersyukur atas respon anaknya yang begitu baik.

"Saya sangat bangga kepadanya. Tanpa ada Beau di sana, mungkin hal buruk bisa terjadi pada saya," kata sang ibu.

Lebih lanjut, sang ibu menceritakan, saat kejadian di rumah hanya ada dirinya dan Beau Austin.

"Dia melakukannya dengan sangat baik. Menggunakan Siri untuk hal seperti itu sangatlah luar biasa. Saya juga tidak menyangka dia akan melakukan itu. Beau bercerita, dia mengetahui cara itu dari TV," tambahnya. 

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Samuel Jackson Jadi Pengisi Suara Amazon Alexa
Artikel Selanjutnya
Kirim Pesan WhatsApp Makin Mudah dengan Google Assistant