Sukses

Duh, Siri Ganggu Pidato Sekretaris Pertahanan Inggris di Depan Parlemen

Saat sekretaris pertahanan Inggris berbicara di depan parlemen, tiba-tiba saja asisten virtual Apple Siri menyela.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna iPhone, seberapa sering kamu menggunakan asisten virtual Siri? Mungkin beberapa pernah mengalami momen saat tiba-tiba Siri aktif gegara asisten tersebut salah mengenali perintah suara dari pemiliknya.

Baru-baru ini, kejadian tersebut dialami oleh Sekretaris Pertahanan Inggris, Gavin Williamson, saat berpidato di depan parlemen. Mengutip Softpedia, Kamis (5/7/2018), tingkah Siri malah mengganggu pidato sang pejabat.

Tingkah aneh Siri ini bermula saat Williamson berbicara tentang masalah Suriah di hadapan parlemen. Suriah dalam bahasa Inggris dibaca Syria, ada kata "Siri" dalam pengucapan Syria yang kemungkinan dikenali Siri sebagai upaya untuk mengaktifkannya.

"Saya menemukan sesuatu di web untuk Syria Syrian Democratic Forces (pasukan demokrat Suriah)," kata Siri tiba-tiba, sesaat setelah Williamson mengucap kata Syria.

Tak pelak, kejadian tak terduga ini membuat semua orang yang ada di dalam ruangan tertawa. Apalagi kata-kata Siri terdengar seperti seseorang menyela pidato pejabat sekelas menteri.

Beberapa orang lainnya pun celetuk sekaligus khawatir tentang bagaimana Apple membuat Siri begitu mudah aktif hanya dengan mengenali suara.

Tentunya, untuk memanggil Siri mikrofon iPhone harus selalu aktif. Bagi orang biasa, mungkin mikrofon smartphone-nya terus aktif merupakan hal yang lumrah.

Namun hal ini bisa jadi masalah mengingat kali ini si pengguna adalah seorang menteri pertahanan. Terutama terkait dengan berbagai hal sensitif berkaitan keamanan negara yang kerap dibahasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gara-Gara iPhone Baru

Williamson pun meminta maaf atas kejadian ini. "Saya meminta maaf untuk hal ini. Ini kejadian langka, Anda dicela oleh smartphone Anda sendiri. Kejadian tadi, tak diragukan adalah konvensi parlemen baru," kata Williamson.

Kemudian, kejadian itu pun beredar di Twitter beberapa jam sebelumnya. Belakangan diketahui kejadian ini terjadi karena sebuah iPhone yang baru dipakainya.

"Salah satu jebakan saat kamu baru punya iPhone. Saya harus bertanya cara menggunakan iPhone dan Siri pada putri saya yang berusia 13 tahun," kata Williamson dari cuitannya, disertai tagar iPhone baru dan Siri.

Sekadar diketahui, jika kamu tak ingin kejadian serupa menimpa saat sedang berbicara di muka umum, kamu bisa menonaktifkan Siri. Caranya dengan masuk ke Setting iPhone kemudian cari opsi Siri & Search kemudian nonaktifkan seluruh pilihan, termasuk Listen for Hey, Siri.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.