Sukses

Tips Jitu Hindari Ongkir Mahal Saat Belanja

Liputan6.com, Jakarta Belanja online memang jauh lebih praktis karena Anda tak perlu repot-repot pergi ke toko atau mal. Lewat belanja online, Anda juga bisa membeli barang dari berbagai penjuru Indonesia, bahkan luar negeri. Namun, konsekuensinya Anda harus membayar ongkos kirim alias ongkir yang terkadang tak murah.

Walaupun begitu, jangan sampai masalah ongkir mahal menghalangi Anda dari berbelanja online. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyiasati biaya ongkir mahal, kok.

Berikut adalah tiga cara yang bisa Anda lakukan.

1. Cermat pilih online shop

Pilihan online shop yang tersedia sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Terkadang, Anda bisa menemukan suatu barang yang sama di beberapa online shop. Maka dari itu, untuk terhindar dari ongkir yang mahal, Anda dapat memilih online shop yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Paling tidak, cari online shop yang satu kota dengan tempat tinggal Anda.

Biasanya, biaya ongkir untuk pengiriman ke dalam kota sekitar Rp 9ribu atau Rp10ribu. Sementara itu, biaya pengiriman ke luar kota berbeda-beda tergantung kota tujuan, tetapi umumnya mencapai puluhan ribu rupiah. Bahkan, kalau dari luar negeri biayanya bisa ratusan ribu rupiah.

2. Pilih jasa kurir termurah

Umumnya, online shop menyediakan beberapa pilihan jasa kurir. Sebelum membayar, Anda akan diminta untuk memilih jasa kurir yang diinginkan. Setiap jasa kurir ini memasang tarif berbeda-beda, tergantung lama waktu pengiriman barang. Jika Anda tidak buru-buru membutuhkan barang yang dibeli untuk sampai, maka Anda bisa memilih jasa kurir dengan biaya termurah. Biasanya paling lama barang akan sampai dalam waktu tiga hari.

3. Belanja BukaLapak lewat BBM

Cara lain yang bisa dilakukan untuk terhindar dari ongkir adalah belanja di BukaLapak dari aplikasi BBM. Bahkan, Anda bisa melupakan ongkir kalau belanja di sana. Kenapa?

Karena setiap belanja Rp 50.000 di BBM BukaLapak, Anda bisa menikmati layanan gratis ongkir hingga Rp 15.000 ke seluruh Indonesia. Caranya, cukup masukkan kode promo LUPAKAN ONGKIR.

Lebih asyiknya lagi, promo tersebut berlaku untuk berbagai jasa pengiriman. Anda dapat memilih kurir JNE, J&T, Tiki, Sicepat, Ninja, Wahana, Gosend, dan Grabsend.

Promo dapat digunakan untuk berbelanja produk apapun di BBM Bukalapak, kecuali kategori tiket dan voucher, produk virtual, dan produk keuangan. Produk virtual yang dimaksud ialah pulsa, paket data, voucher game, listrik prabayar dan pascabayar, tiket event, tiket pesawat, tiket kereta, pembayaran zakat online, pembayaran tagihan listrik, air PDAM, dan BPJS. Sementara itu, yang termasuk produk keuangan ialah BukaEmas dan BukaReksa.

Anda bisa menggunakan voucher promo tersebut satu kali per hari dan tiga kali selama periode promo. Sisa penggunaan promo tidak dapat diakumulasikan ke bulan berikutnya atau periode promo lain.

Pssst… Promonya hanya sampai 31 Desember, lho!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, buruan belanja barang kebutuhanmu di sini danLUPAKAN ONGKIR!

 

 

(Adv)

Artikel Selanjutnya
Kiat Tepat Shopping Online di Akhir Tahun, Bisa Free Ongkir Lho!
Artikel Selanjutnya
Pakai BBM Tak Sesuai Spesifikasi, Siap-Siap Garansi Mobil Hangus