Sukses

Menanti Gebrakan Smartphone Terbaru Samsung di Negeri Jiran

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Rumor seputar smartphone empat kamera Samsung, sebentar lagi akan terkuak.

Seperti diketahui, raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut, bakal mengadakan perhelatan khusus yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, hari ini, Kamis (11/10/2018).

Memang, hingga berita ini naik, tak banyak yang bisa dikupas dari smartphone terbaru Samsung. 

Yang pasti, besar kemungkinan jika smartphone tersebut benar akan membawa empat kamera utama, mengingat gelaran khusus Samsung bertajuk “4x Fun”.

Lantas, seri smartphone Samsung manakah yang (jika benar) akan mengusung empat kamera utama?

Menurut informasi yang dikutip The Verge, smartphone empat kamera Samsung tersebut tak lain akan membawa nama Galaxy A9 (2018).

Beberapa minggu lalu, juga beredar kabar yang menyebutkan kalau nama smartphone ini adalah Galaxy A9 Star Pro. Malahan, ada sumber yang mengungkap kalau smartphone akan mengalungi nama Galaxy A9s. 

Namun demikian, nyatanya Samsung masih mengunci rapat pintu misteri nama dan spesifikasi smartphone ini. Karenanya, menarik rasanya untuk menanti pengumuman perusahaan soal smartphone empat kamera tersebut.

Nah, jika kamu penasaran, yuk terus ikuti perkembangan berita smartphone terbaru empat kamera Samsung bersama Tekno Liputan6.com dalam acara 4x Fun yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia. So, stay tune!

 

2 dari 3 halaman

Dibocorkan Evan Blass

Sang pembocor informasi gadget, Evan Blass, lewat akun Twitter-nya @evleaks, sempat membocorkan spesifikasi empat kamera smartphone terbaru Samsung.

Pada Rabu (10/10/2018), Evan mengunggah gambar prototype smartphone tersebut. Tidak diungkap dari mana gambar yang ia dapat.

Menariknya, prototype memperlihatkan empat kamera utama bertengger secara vertikal di belakang kover smartphone. Tak lupa, ada pemindai sidik jari terletak di tengah kover.

Pada gambar di twit atas, empat kamera utama tersebut meliputi lensa ultra wide dengan resolusi 8MP, bukaan f/2.4 dalam sudut 120 derajat, lalu lensa telephoto beresolusi 10MP, bukaan f/2.4 dengan Optical Zoom 2x.

Kemudian ada lensa utama 24MP dengan bukaan f/1.7, dan lensa Depth Camera dengan resolusi 5MP, bukaan f/2.2 dengan Live Focus. 

Belum bisa dipastikan, apa memang benar spesifikasi kamera tersebut merujuk ke smartphone terbaru Samsung yang akan diperkenalkan hari ini.

Adapun rumor lain menyebutkan beberapa detail komponen smartphone, seperti bentang layar berukuran 6,38 inci, lalu dapur pacunya yang ditopang prosesor Qualcomm Snapdragon 660 dan diperkuat baterai 3.720mAh dengan USB type C, yang dilengkapi teknologi pengisian daya cepat Quick Charge 2.0.

3 dari 3 halaman

Smartphone Triple Kamera Samsung Segera Meluncur di Indonesia?

Terlepas dari rumor soal smartphone empat kamera Samsung, perusahaan ternyata sudah menyiapkan smartphone tiga kamera dengan nama Galaxy A7 (2018).

Pasalnya, Galaxy A7 (2018) belum lama ini meluncur di India. Perangkat ini kemungkinan akan segera meluncur di Indonesia.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (5/10/2018), Samsung Galaxy A7 (2018) baru saja menerima sertifikasi dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Perangkat yang didaftarkan PT Samsung Electronic Indonesia ke laman web Ditjen SDPPI memiliki kode SM-A750 GN, yang merupakan Galaxy A7 (2018).

Samsung Galaxy A7 (2018) menerima sertifikasi dari Ditjen SDPPI. Dok: Ditjen SDPPI

Sebelumnya, smartphone ini telah memperoleh sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Laman web Ditjen SDPPI mengungkap, nilai TKDN dari Samsung Galaxy A7 (2018) adalah sebesar 31,1 persen.

Pun demikian, belum ada informasi pasti kapan smartphone ini bakal meluncur di Tanah Air. Namun biasanya, setelah lolos uji sertifikasi, sebuah produk akan meluncur tak lama lagi.

Spesifikasi Tiga Kamera

Tiga kamera yang disematkan pada Galaxy A7 memiliki fungsi berbeda. Sekadar informasi, ini merupakan kali pertama perusahaan asal Korea Selatan itu menyematkan hingga tiga kamera utama.

Satu lensa beresolusi 8MP dengan cakupan luas hingga 120 derajat. Sementara ada lensa biasa dengan resolusi 25MP ditambah lensa beresolusi 5MP untuk menangkap depth field.

Keperluan selfie Samsung Galaxy A7 ini diserahkan pada kamera depan beresolusi 24MP yang didukung dengan LED flash. Smartphone ini memiliki layar Super AMOLED berukuran 6 inci dengan gaya bezeless.

Samsung turut menyertakan sistem Dolby Atmos, Samsung Bixby, hingga Samsung Health. Sebagai tambahan, pemindai sidik jari smartphone ini diletakkan di bagian samping, bukan belakang seperti model Galaxy A yang rilis tahun ini.

Menjalankan sistem operasi Android 8.0, smartphone ini hadir dengan dua opsi memori, yakni RAM 4GB+64GB dan RAM 6GB+128GB. Untuk mendukung performanya, Galaxy A7 anyar ini dibekali bateri berkapasitas 3.300mAh. 

Rencananya, smartphone ini akan tersedia untuk pasar Eropa dan Asia dalam empat warna yakni blue, black, gold, dan pink. Sayangnya, Samsung belum membeberkan informasi seputar harga smartphone ini.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Asyiknya Menjajal TV QLED Samsung 2018, Bisa 'Menyatu' Kayak Bunglon
Artikel Selanjutnya
Galaxy Note 9, Memori Super Lega dan Punya S Pen Multifungsi