Sukses

Beragam Pilihan RAM dan ROM untuk Smartphone, Mana Paling Ideal?

Kapasitas penyimpanan atau storage kini menjadi salah satu bagian paling krusial saat memilih smartphone. Selain teknologi kamera dengan resolusi besar dan desain premium, pengguna smartphone juga menginginkan ponsel dengan RAM dan ROM yang cukup besar.

Liputan6.com, Jakarta Kini kebiasaan masyarakat, terutama generasi muda, dalam menjalani aktivitas sehari-hari sudah mulai berubah. Seiring semakin banyaknya kegiatan yang menuntut mobilitas tinggi dan peningkatan teknologi, masyarakat sebisa mungkin ingin melakukan segala sesuatu dengan praktis.

Contohnya, mereka mulai jarang menggunakan kamera profesional atau digital dan lebih sering menggunakan kamera ponsel. Atau, para karyawan dan mahasiswi yang sering bekerja di luar, lebih banyak menggunakan smartphone sebagai alat kerja dibandingkan membawa laptop ke mana-mana.

Jadi, masyarakat lebih suka mengguanakan satu gadget untuk berbagai keperluan dibandingkan harus repot membawa banyak alat elektronik setiap mereka pergi. Apakah Anda juga begitu?

Dengan fenomena seperti itu, kapasitas penyimpanan atau storage kini menjadi salah satu bagian paling krusial saat memilih smartphone. Selain teknologi kamera dengan resolusi besar dan desain premium, pengguna smartphone juga menginginkan ponsel dengan Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM)yang cukup besar.

Kapasitas RAM besar dibutuhkan untuk memperlancar kinerja multitasking dan perpindahan antar aplikasi dengan instan. Selain itu, RAM juga berguna untuk memperlancar sistem operasi sehingga smartphone bisa bekerja tanpa lemot atau hang.

Kemampuan tersebut sangat berguna bagi Anda yang banyak melakukan pekerjaan dengan mengandalkan smartphone. Kapasitas RAM memadai juga dibutuhkan bagi para gamers yang kerap bermain gim sambil melakukan aktivitas di aplikasi lain secara bersamaan.  Namun, berapakah kapasitas RAM yang ideal untuk menunjang segala kebutuhan itu?

Ternyata, RAM sebesar 4GB saja sudah cukup lho untuk memenuhi kebutuhan aktivitas harian. Menurut seorang pakar dari Geekbench 4, John Poole, umumnya pengguna hanya menggunakan sembilan aplikasi per hari dan sekitar 30 aplikasi sebulan.

Jadi, yang dibutuhkan hanya 2,3GB per hari untuk mengoperasikan 47 aplikasi di sebuah smartphone yang memiliki RAM sebesar 4GB. Maka dari itu, tak perlu RAM yang terlalu besar karena masih ada sisa kapasitas memori.

"Untuk smartphone, 4GB itu cukup sekarang. Feeling saya adalah bahwa beberapa vendor terlibat dalam perang spek di mana mereka membekali RAM yang berlebihan. Sederhananya hanya karena selling point saja. Mereka bisa bilang ‘Lihat RAM yang kami punya lebih besar daripada pesaing kami, jelas smartphone kami lebih baik'," ucap Poole, kepada Digital Trends.

Kapasitas ROM ideal

Pernahkah Anda membeli sebuah smartphone dengan storage ROM tertentu, tetapi saat dicek ternyata kapasitasnya tak sebesar seharusnya? Contoh, Anda membeli smartphone dengan storage ROM 64 GB, tetapi kenyataannya hanya tinggal tersisa kapasitas sebesar 61 GB saat pertama kali dipakai.

Jangan kesal dulu, kapasitas yang lebih sedikit daripada seharusnya tersebut disebabkan oleh penggunaan memori untuk aplikasi bawaan dari smartphone. Jadi, Anda hanya bisa menggunakan sisa kapasitas yang tersedia untuk mengunduh aplikasi baru serta menyimpan foto dan video.

Karena itu, membeli smartphone dengan storage ROM yang lebih besar tentu akan lebih memuaskan karena Anda punya sisa memori lebih banyak untuk menyimpan aplikasi dan foto. Hal ini semakin disarankan untuk Anda yang suka fotografi, bikin vlog, atau bermain mobile game.

Beruntung, sekarang sudah tersedia smartphone dengan kapasitas cukup besar, seperti Huawei Nova 3i yang dilengkapi storage ROM hingga 128 GB. Huawei Nova 3i pun menjadi satu-satunya smartphone di kelasnya yang punya kapasitas memori sebesar itu.

Jadi, kalau memorinya terpotong hingga 3GB untuk aplikasi bawaan pun tak akan jadi masalah karena Anda masih punya sisa memori begitu besar. Mau menyimpan puluhan aplikasi, ribuan foto, dan ratusan video? No problemo!

Anda juga tak perlu khawatir smartphone tersebut akan mudah 'lemot' kalau diisi data terlalu banyak karena kapasitas RAM-nya mencapai 4GB. Kapasitas ini sudah sangat cukup untuk penggunaan harian.

Dari segi desain, Huawei Nova 3i memiliki kesan futuristik dengan warna iris purple yang terlihat bergradasi biru dan ungu saat terkena cahaya. Ditambah lagi material bodinya yang terbuat dari kaca membuat Huawei Nova 3i kian futuristik dan mewah. Selain warna iris purple, seri ini juga tersedia dalam warna hitam.

Untuk kameranya sendiri, smartphone tersebut dilengkapi empat kamera, dua di bagian depan dan dua di belakang. Kamera belakangnya dilengkapi konfigurasi 16 MP dan 2 MP serta teknologi auto-focus PDAF. Bukaan lensa di kamera belakangnya sebesar f/2.2.

Sementara itu, resolusi kamera depan Huawei Nova 3i sebesar 24 MP dan 2MP dengan aperture f/2.0. Kamera depannya juga dilengkapi dengan fasilitas AI Selfie Master yang dapat mengenali delapan obyek dan memberi pengaturan terbaik sesuai kondisi. Kamera bagus ditambah kapasitas memori besar, dijamin membuat Anda enggak akan puas mengambil foto terus-terusan!

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera cek soal Huawei Nova 3i secara lebih lengkap di laman ini dan buktikan sendiri kehebatannya! 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.