Sukses

Terkonfirmasi, Sony Sedang Kembangkan Konsol PS5

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki tahun kelima konsol PlayStation 4 (PS4) meluncur di pasaran, banyak gamer bertanya-tanya kapan Sony bakal meluncurkan konsol penerus PS4 tersebut?

Tampaknya gamer setia Sony dapat bernapas lega dan tidak perlu menunggu lama, karena perusahaan baru saja mengonfirmasi sedang mengembangkan penerus konsol PS4 itu.

"Pada saat ini, apa yang bisa saya katakan adalah kami (Sony) perlu memiliki perangkat next-gen," ucap Kenichiro Yoshida, presiden dan CEO Sony, yang dikutip dari Financial Times via Ubergizmo, Rabu (10/10/2018).

Meski begitu, Yoshida masih belum menyebutkan apa nama konsol baru itu. Karenanya, masih belum pasti apakah konsol penerus PS4 itu akan resmi diberi nama "PlayStation 5 (PS5)" atau nama yang lainnya.

Tak hanya itu, dia juga tidak menyebutkan kapan pastinya konsol penerus PS4 ini akan dirilis.

Hanya saja, informasi terakhir dari CEO of Sony Interactive Entertainment, John Kodera, menyebut konsol PlayStation berikutnya bakal meluncur tiga tahun lagi.

 

2 dari 3 halaman

Analis Prediksi Konsol PS5

Mock up konsol PlayStation 5. (Doc: V3)

Lebih lanjut, beberapa analis industri gim sudah lebih dulu memprediksi PS5 bakal meluncur dalam waktu dekat.

Dilansir Ubergizmo pada Senin (20/8/2018), analis dari perusahaan Jepang Ace Economic Research Institute Hideki Yasuda, memprediksi kalau PS5 bakal diumumkan Sony pada akhir 2019.

Menurut Yasuda, meski diumumkan pada akhir 2019, bukan berarti Sony akan langsung memasarkan konsol PlayStation generasi kelima tersebut pada periode itu. Justru, Sony baru akan mengapalkan PS5 mulai awal 2020.

 

3 dari 3 halaman

Spesifikasi PS5 Bocor

Logo PlayStation. (Doc: Sony)

Sebelumnya diwartakan, PS5 bakal mengusung prosesor dan GPU (kartu grafis) yang dirancang secara khusus oleh AMD, yakni Zen dan Navi.

Sony memilih menggunakan prosesor dan kartu grafis baru besutan AMD untuk konsol generasi berikutnya tersebut.

Ini merupakan kedua kalinya Sony dikabarkan bakal menggunakan teknologi hardware terbaru milik AMD.

Kolaborasi Sony dengan AMD untuk GPU Navi memang sudah lama beredar di internet, atau lebih tepatnya semenjak Raja Koduri menjabat sebagai bos Radeon Technologies Group.

Laporan juga tidak menyebutkan secara detail apakah AMD akan merakit system-on-chip (SoC) khusus berbasis chipset Zen atau Sony akan menggunakan komponen lain untuk 'otak' konsol PS5 itu.

Hingga saat ini, masih belum juga diketahui apakah GPU yang terpasang di konsol PS5 akan terintegrasi atau terpisah.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Nintendo Switch Versi Baru Bakal Meluncur Tahun Depan?
Artikel Selanjutnya
Rilis di Indonesia, Galaxy Watch Tawarkan Lebih Banyak Fitur Mumpuni